Demokrat menilai Jendral Andika Calon Kuat Panglima TNI

Nasional

PK,.JAKARTA,.—Anggota Komisi I DPR RI Fraksi Partai Demokrat Syarief Hasan menyampaikan penilaiannya terkait calon Panglima TNI saat masa jabatan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto selesai, dari empat kepala staf TNI, Syarief Hasan menyebut Kasad Jenderal Andika Perkasa paling menonjol sebagai pengganti Panglima TNI saat ini. Menurut Syarief, kinerja dan performa Andika Kasad sangat bagus.

“Dari empat kepala staf, memang yang menonjol sekarang itu Pak Andika. Sangat menonjol sekali kinerja dan performanya,” ujar Syarief kepada wartawan di DPR RI, Rabu (1/9).

Syarief mengatakan, Andika memiliki sejumlah performa yang baik. Salah satunya melakukan pembenahan sumber daya manusia di Angkatan Darat.

“Pertama dia meningkatkan skill daripada prajurit. Kemudian bagaimana Kasad itu melakukan pembenahan SDM di lingkungan AD. Sekalipun kepala staf yang lain melakukan hal yang sama, tapi memang pak Andika perform sekali,” ujarnya.

Kasad Jenderal Andika Perkasa memang sudah dikenal memiliki banyak pengalaman di Korps Baret Merah. Berbagai jabatan penting pun pernah diembannya dan juga prestasi gemilang yang ditorehkan Andika selama menjabat sebagai KSAD, Salah satunya membongkar pemborosan anggaran di lembaga pendidikan TNI AD. Secara berani, Andika mengungkap oknum petinggi Angkatan Darat yang menyalahgunakan anggaran pendidikan.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan segera pensiun. Syarief mengatakan, hak prerogatif Presiden Joko Widodo untuk menunjuk calon Panglima selanjutnya.

” Ini kan hak prerogatif presiden siapa yang akan diajukan ke Komisi I untuk menjalani fit and proper test. Kita serahkan kepada presiden, mudah-mudahan yang terbaik lah yang diajukan bapak presiden.” ujar Syarief.

Sementara itu Komisi I masih menunggu siapa yang akan diajukan Presiden Jokowi nantinya. Syarief mengatakan, lebih cepat lebih baik Presiden segera mengirim calon ke DPR.

Baca Juga :  Badiklat Kejagung Juara Pertama di Pameran Produk Unggulan HBA ke-59

“Kita lihat saja undang-undangnya, tapi sebaiknya lebih cepat lebih baik,” ujar Syarief. (Agung Setiadi)

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of