Kasal : TNI AL Bangun Lagi 2 Kapal Rumah Sakit Dengan Kemampuan Penanganan Covid

TNI AL

PK Jakarta, 22 September 2021, — TNI Angkatan Laut (TNI AL) menambah lagi dua Kapal Rumah Sakit yang saat ini sedang dibangun, salah satunya di PT. PAL Surabaya. Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., saat meninjau pelaksanaan Serbuan Vaksinasi Covid-19 bertempat di Pusat Perbelanjaan Mangga Dua Square, Jakarta Utara, Rabu (22/09) yang diinisiasi Pusat Hidro Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) bekerjasama dengan Manajemen Mangga Dua Square dan Puskesmas Pademangan.

“Pembangunan kapal ini akan disesuaikan dengan penanganan Covid-19 yang sudah memiliki kemampuan untuk penanganan Covid-19 sehingganya nantinya langsung bisa digunakan sebagai rumah sakit isolasi terpadu. Dua Kapal rumah sakit ini akan lebih canggih dibandingkan 2 Kapal Rumah Sakit yang ada saat ini,” ujar Kasal.

TNI AL sampai saat ini masih terus melaksanakan serbuan vaksinasi dengan memberdayakan seluruh potensi yang dimiliki dalam mendukung program pemerintah untuk percepatan penanganan Covid-19 yang sebelumnya difokuskan ke daerah-daerah pesisir, pulau-pulau terluar, kampung nelayan, dan sentra-sentra perikanan. Sejak tanggal 23 Juni 2021 lalu TNI AL sudah melaksanakan vaksinasi sebanyak 1,1 juta khusus daerah pesisir.

Sementara itu, kegiatan vaksinasi di Mangga Dua Square ini adalah kegiatan hari kedua setelah pelaksanaan hari pertama Senin (21/09) kemarin yang menargetkan 1300 orang dengan jenis vaksin Astra Zeneca. Tenaga Kesehatan (Nakes) yang dilibatkan terdiri dari 15 Nakes TNI AL, 2 Nakes dari Puskesmas Pademangan, 10 personel satgas pengawas Covid-19 dari Mangga Dua Square dan 2 orang dari Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta.

Kasal dihadapan awak media mengatakan bahwa saat ini TNI AL melaksanakan vaksinasi dengan menyasar ke pusat perbelanjaan dengan harapan jika levelnya diturunkan kemungkinan pusat perbelanjaan akan segera dibuka sehingga pemulihan ekonomi dapat segera tercapai, khususnya di sentra-sentra ekonomi.

Baca Juga :  Marinir Bantu Cari Korban Tenggelam Di Sungai Kalimas Krikilan, Driyorejo

“Program vaksinasi akan tetap kita lanjutkan sampai tercapai 70 persen karena syarat untuk menjadi level 1 harus 70 persen. Di Jakarta sendiri sebenarnya sudah mencapai 100 persen namun di kabupaten-kabupaten pendukung disekitaran Jakarta belum, termasuk para pekerja di Jakarta yang datang dari luar Jakarta sehingga akan tetap dilaksanakan hingga betul-betul mencapai 70 persen”, tegas Kasal.

“Tentunya bukan hanya dari TNI AL saja, tetapi dari puskesmas, Diskes, TNI/Polri kita galakkan terus ke daerah-daerah yang belum mencapai 50 persen sampai ada kebijakan pemerintah untuk menghentikan kegiatan vaksinasi,” tambahnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Danpushidrosal Laksamana Madya Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P., Asrena Kasal Laksda TNI Abdul Rasyid Kacong, S.E., M.M., Asops Kasal Laksda TNI Dadi Hartanto, M. Tr (Han)., M.Tr Opsla, Kadiskesal, Danlantamal III dan pejabat terkait lainnya.

 

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of