Kasal Yudo Margono: Miliki Enam Generator Oksigen Mobile, TNI AL Siap Bantu Daerah yang Membutuhkan

TNI AL

PK,.Jakarta, 8 September 2021, — TNI Angkatan Laut (TNI AL) saat ini memiliki enam kapal yang dilengkapi generator oksigen dan dapat digunakan jika masyarakat membutuhkan, demikian dikatakan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., pada acara penyerahan donasi tabung oksigen dan generator oksigen dari Yayasan Mandana Metta Caritas (YMMC), bertempat di Lapangan Apel Detasemen Markas (Denma) Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (8/9).

“Sekarang kita punya 2 kapal rumah sakit, dan 2 kapal yang sedang dibangun memiliki kemampuan memproduksi oksigen, sekarang ada tambah lagi 2 set oksigen mobile, jadi kita memiliki 6, sehingga apabila diminta daerah-daerah yang kurang oksigen kita dapat segera mendistribusikan,” papar Kasal kepada para wartawan.

Bantuan YMMC berupa dua kontainer Mobile Oksigen Generator (pengisi oksigen) dan tiga kontainer berisi tabung oksigen 40 liter sebanyak 1.440 tabung. Bantuan secara simbolis diserahkan oleh Ketua Yayasan Mandana Metta Caritas Mulyadi Ali kepada Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., Sementara itu, berita acara penyerahan barang ditandatangani oleh Mulyadi Ali dan Sekdiskesal Kolonel Laut (K) dr. Dwi Adang Iskandar, Sp. B. yang disaksikan Kasal dan Aslog Kasal Laksamana Muda TNI Puguh Santoso, S.E., M.M.

Ketua YMMC Mulyadi Ali dalam sambutannya mengatakan penyerahan donasi tabung dan generator oksigen tersebut adalah upaya membantu pemerintah dalam menangani Covid-19 melalui TNI AL. “Bahwa kebutuhan akan oksigen dalam upaya penyembuhan para pasien Covid-19 pada waktu beberapa bulan terakhir cukup meningkat dan sangat sulit untuk diperoleh, untuk itu kami berupaya membantu saudara-saudara kami melalui TNI Angkatan Laut yang juga menjadi garda terdepan dalam penanganan pasien Covid-19,” ujarnya.

Baca Juga :  Yonmarhanlan I Bersama PMI Sumut Bagikan Face Shield dan Sembako Di Belawan

Sementara itu, Kasal dalam sambutannya mengatakan bahwa penyerahan Oksigen Generator dan Tabung Oksigen dari Yayasan Mandana Metta Charitas kepada TNI Angkatan Laut merupakan bentuk sinergitas dan peran serta seluruh lapisan masyarakat dalam mendukung pemerintah guna mengatasi pandemi Covid-19. “Selain itu, bantuan ini dapat dimaknai sebagai suatu penghargaan dan dukungan moril kepada TNI Angkatan Laut untuk tetap berjuang pada garis terdepan bersama dengan seluruh tenaga kesehatan guna percepat pemulihan ekonomi nasional,” paparnya.

Selanjutnya Laksamana Yudo mengungkapkan bahwa beberapa saat yang lalu telah terjadi kelangkaan tabung oksigen di berapa rumah sakit akibat peningkatan angka kasus Covid-19. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan oksigen bagi masyarakat, diantaranya dengan memobilisasi aset-aset pemerintah untuk mempercepat produksi oksigen dan mendistribusikannya kepada masyarakat. “TNI Angkatan Laut sebagai komponen utama pertahanan negara tentu saja turut serta berperan aktif mendukung upaya pemerintah tersebut yakni membangun beberapa sarana dan prasarana termasuk didalamnya pendistribusian dan pelayanan pengisian tabung oksigen guna membantu masyarakat yang mengalami pada saat pandemi Covid-19 ini,” ungkapnya.

Lebih jauh Kasal menegaskan bahwa pandemi Covid-19 tidak bisa diatasi sendiri, namun butuh peran serta seluruh lapisan masyarakat. “Tentunya butuh peran serta dan kerjasama dari seluruh lapisan masyarakat guna menekan angka kasus Covid-19 dan memutus mata rantai penularan Covid-19,” tegas Kasal.

Hadir pada kesempatan penyerahan bantuan ini antara lain, Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., para Pejabat Utama Mabesal dan kadis jajaran Mabesal serta Adi Candra dan Johan Lee dari PT Agung Sentosa.

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of