Menhan Prabowo Menghadiri Langsung Penandatanganan Kontrak Kapal Frigat Type 31 Pesanan TNI AL pada Pameran DSEI di London

Pertahanan

PK Jakarta.Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto didampingi oleh Dubes RI untuk Inggris Desra Percaya, menghadiri pameran industri pertahanan terbesar di Inggris sekaligus menandatanggani Kontrak Komersial antara PT PAL Indonesia dengan Babcock International dalam pengadaan Kapal Perang Republik Indonesia TNI AL Fregat Type 31 Arrowhead 140 di London, Kamis (16/9).

Pameran industri pertahanan yang dikenal dengan nama DSEI (Defence and Security Equipment Internasional) mengambil tempat di ExCel London dan berlangsung sejak 14 hingga 17 September 2021.

Kedatangan Menhan RI dan delegasi RI di venue DSEI disambut hangat oleh Mark Goldsack, Direktur DIT DSO (Department for International Trade Defence and Security Organisation) serta Anggota Parlemen Inggris Richard Graham MP, yang merupakan Ketua APPG-I (All-Party Parliamentary Group – Indonesia).

Turut serta dalam kunjungan delegasi Menhan RI adalah Dirut PT PAL Kaharuddin Djenod, serta beberapa pejabat Kementerian Pertahanan RI.

Kehadiran Kaharuddin Djenod adalah untuk menandatanggani Kontrak Komersial antara PT PAL Indonesia dengan Babcock International dalam pengadaan Kapal Perang Republik Indonesia TNI AL Fregat Type 31 Arrowhead 140. Penandatanganan bersejarah tersebut dilakukan diatas kapal perang Inggris HMS Argyll.

Dua kapal perang Frigat Type 31 atau kapal Arrowhead 140 yang harganya di kisaran 240 juta Poundsterling per unit atau setara Rp 4.906.985.397.500 (dengan kurs Rp 19.627,94/ Pounsterling) ini akan dibangun oleh perusahaan perkapalan pelat merah asal Indonesia yakni PT PAL.

Lisensi desain akan memungkinkan PT PAL untuk membangun 2 (dua) buah fregat di Indonesia dengan modifikasi desain untuk TNI AL. Desain dan spesifikasi kapal itu pun akan disesuaikan dengan kebutuhan Angkatan Laut Indonesia.

“Lisensi desain akan memungkinkan PT PAL untuk membangun dua buah fregat di Indonesia dengan modifikasi desain untuk TNI AL. Penandatangan perjanjian itu disaksikan juga oleh Menhan RI Prabowo Subianto dan Menhan Inggris Ben Wallace,” demikian keterangan tertulis KBRI London.

Baca Juga :  Penuh Catatan Kriminal, Satu Anggota KKB Tewas Ditembak Aparat TNI-Polri

Pada kesempatan ini, Menhan Prabowo juga mengunjungi berbagai stan Alutsista serta bertemu pimpinan perusahan dari industri pertahanan yang meliputi bidang Pertahanan Udara, Kendaraan Autonomous, Pesawat Udara, Meriam Kapal, Kendaraan Lapis Baja, Senjata Perorangan serta Amunisi.

Perusahaan-perusahaan tersebut merupakan penggagas dalam industri Alutsista yang telah digunakan oleh Angkatan Bersenjata di berbagai negara. (Biro Humas Setjen Kemhan)

Editor : Agung Setiadi

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of