Menko Luhut Berikan Kuliah Umum Secara Daring Kepada PASIS SEKKAU

Polhukam

PK,.JAKARTA,.—Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut B. Pandjaitan memberikan kuliah kerja kepada para perwira siswa Sekolah Komando Kesatuan Angkatan Udara (PASIS SEKKAU) Angkatan 110 secara daring, Kamis (9/9).

Tema yang di angkat pada kuliah kerja tersebut kebijakan penanganan Covid-19 atas dasar kepedulian dan integritas Pasis Sekkau angkatan 110 untuk turut berpartisipasi dan berperan aktif dalam membantu penanggulangan pandemi.

Sejauh ini penanganan pandemi covid-19 di Indonesia masih dilakukan dengan percepatan proses vaksinasi, penerapan protokol kesehatan 3M dan 3T, dan isolasi terpusat. Apalagi dengan adanya apikasi berbasis teknologi digital yaitu Peduli Lindungi yang terintegrasi untuk mengidentifikasi (screening), tracing, dan penegakan protokol kesehatan.

“Penting proses pengambilan keputusan dengan koridor-koridor semacam itu sebenarnya yang sangat mendasar digunakan dalam menyelesaikan pandemi ini. Jadi, kalau dalam proses pengambilan keputusan, harus melihat berbagai angle tidak boleh hanya kesehatan, sosial, atau keamanan saja. Sehingga bisa didapat cara bertindak yang paling bagus dan sekarang posisi kita hari ini Indonesia secara umum kasus konfirmasi sudah turun 88,1% dari tanggal puncak kasus 15 Juli,” Ucap Menko Luhut membuka paparannya. Kamis (9/9).

Lanjutnya, ia menyampaikan bahwa Covid-19 akan terus bersama kita dan menjadi endemi. Ia memperkirakan kasus konfirmasi per hari berkisar pada single digit pada 3.000 sampai 7.000 kasus. Hal ini karena belum ada vaksin yang efekivitasnya 100 persen atau obat yang dapat menyembuhkan covid-19.

Dalam Penutup kuliah kerja bertema Kebijakan Penanganan Covid-19, Menko Luhut memberikan pesan kepada para Pasis Sekkau, mereka harus jadi perwira yang berkarakter.

“Jadi kembangkan dirimu dan kalian harus jadi perwira yang berkarakter, punya warna. Sebagai perwira, kalian belajar dasar-dasar prosedur hubungan komandan dan staf dan membangun networking. Belajar agar memiliki pengetahuan dan ingat untuk selalu memiliki hati yang baik karena kalian jika tidak punya hati yang baik yang gak bisa jalan juga itu penting. Dengar dulu, lihat dulu, baru berkomentar nanti pendidikan yang bawa warna kalian dan semoga nanti banyak yang menjadi pemimpin di Republik ini,” ucap Menko Luhut.

Baca Juga :  Diklat-TAK Kejaksaan, Kabandiklat Minta Para Jaksa Berintegritas

Komandan Sekkau Kolonel Pnb Firman Wirayuda S.T., M.Soc.Sc., melaporkan sebanyak 75 Pasis Sekkau Angkatan ke-110 diantaranya 8 Wanita Angkatan Udara, 2 TNI AD, 2 TNI AL, serta 2 Pasis dari Kepolisian RI yang hadir dalam kuliah kerja kali ini.

Ia menyampaikan kegiatan kuliah kerja ini merupakan suatu media pembelajaran bagi para siswa guna mengaplikasikan pengetahuan teoritis melalui metode penelitian dan pengetahuan pendukung yang telah diajarkan di kampus untuk memperoleh data-data yang nantinya akan digunakan sebagai bahan seminar nasional pada tanggal 1 November 2021.

“Kami berharap, kuliah umum ini dapat menggali data-data yang lebih dalam lagi sehingga mampu memahami berbagai permasalahan yang ada untuk selanjutnya dianalisis guna membuahkan pemikiran positif dan brilian terkait dengan covid-19 di Indonesia yang akan dituangkan dalam bentuk naskah akademik serta dapat bermanfaat untuk kita semua,” Ujarnya. (maritim.go.id)

Editor : Agung Setiadi

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of