Menko Luhut Sampaikan Beberapa Daerah Alami Hambatan Turun Level PPKM

Polhukam

PK,.JAKARTA,.—Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan adakan Konferensi Pers Secara Virtual untuk menjelaskan penyebab beberapa daerah yang mengalami hambatan untuk turun level dalam pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), pada Senin (6/9).

Menurut Luhut, ada indikator respons kesehatan yang targetnya belum dipenuhi oleh kabupaten/kota. Padahal, fokus inilah yang akan menjadi prioritas pemerintah dalam beberapa pekan ke depan.

“Contohnya adalah rasio kontak erat. Meskipun telah terjadi kenaikan signifikan rasio kontak erat dari 3,37 persen di awal Agustus menjadi 7,89 persen per 5 September, ” ujar Luhut dalam konferensi pers secara virtual tersebut.

“Namun pada banyak daerah rasio kontak eratnya masih dibawah 5 persen. Sehingga kemudian menghambat daerah tersebut untuk turun level,” lanjutnya.

Pada konferensi pers secara virtual tersebut Luhut juga memaparkan, situasi perkembangan Covid19 di Jawa-Bali terus mengalami perbaikan yang berarti, Hal ini dikarenakan semakin sedikitnya kabupaten/kota yang berada di level 4. Per 5 September 2021, hanya 11 kabupaten/kota di Jawa-Bali yang ada di level 4 dari sebelumnya yang berjumlah 25 kabupaten/kota Kemudian, terjadi peningkatan yang signifikan terjadi pada jumlah daerah berstatus level 2. Yang mana jumlah kabupaten/kota meningkat dari yang sebelumnya 27 menjadi 43 kabupaten/kota.

Melihat kondisi kian yang membaik di beberapa kabupaten/kota pemerintah saat ini melakukan tiga penyesuaian kebijakan khususnya di wilayah Jawa-Bali. Pertama, melonggarkan waktu makan di restoran selama 60 menit dengan kapasitas tempat 50 persen. Kedua, akan dilakukan uji coba pembukaan 20 tempat wisata di kabupaten/kota yang ada di level 3. Ketiga, pemerintah akan melakukan ujicoba protokol kesehatan dan Aplikasi Peduli Lindungi untuk mall dan pusat perbelanjaan di Bali dengan batasan-batasan tertentu.

Baca Juga :  KN Tanjung Datu-301 Open Ship di India

Luhut mengungkapkan DIY yang selama ini bertahan melaksanakan PPKM level 4 kini turun ke level 3. “DIY berhasil turun ke level 3, ” ungkapnya.

Namun, Bali belum mengalami perubahan status dari level 4. Luhut menuturkan, memperkirakan masih perlu waktu seminggu lagi agar Bali turun ke level 3. Sebab, saat ini kondisi perawatan pasien di RS yang ada di Bali masih tinggi. “Saya sudah komunikasikan juga kepada Gubernur Bali tadi malam untuk kita ramai-ramai mengatasi masalah ini,” tambahnya. (Biro Kemenko Kemaritiman)

Editor : Agung Setiadi

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of