Pekan Integrasi Siswa TNI AL Satdik 1 Tanjung Uban Pengenalan dan Lattek Simulator Puslatlekdalsen Kodiklatal

TNI AL

Kodiklatal Surabaya, 22 September 2021,.-Dalam rangkaian Pekan Integrasi siswa Satuan Pendidikan (Satdik) sekaligus pengenalan alut sista TNI Agkatan Laut, Siswa TNI AL Satdik 1 Tanjung Uban Kepulauan Riau melaksanakan pengenalan dan Latihan Praktek (Lattek) di Simulator Pusat Latihan Elektronika dan Sistem Kendali Senjata (Puslatlekdalsen) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) Bumimoro Surabaya, Rabu, (22/9/2021).

Adapun siswa Satdik 1 Tanjung Uban yang melaksanakan Lattek tersebut sebanyak 192 orang siswa dengan rincian 85 orang Siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) dan 83 orang siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata), kedua program ini merupakan Angkatan XLI TA 2021. Sebelum pengenalan dan Lattek para siswa ini diterima langsung Wadan Puslatlekdalsen Letkol Laut (P) Nurrozi.

Dalam kesempatan tersebut para siswa Satdik 1 ini mendapatkan pembekalan dan pelatihan praktek Navigasi saat berlayar di Brigde Simulator dengan harapan para siswa memiliki kemampuan, keterampilan dan kecakapan dalam melaksanakan prosedur bernavigasi dan berlayar sesuai dengan Peraturan Pencegahan Tubrukan di Laut (PPTL).

Selain pengenalan dan Lattek di Brigde Simulator para siswa juga mendapatkan pengenalan di Simulator Dynamic Position Maneuvering System (DPMS), Visual Communication Trainer (VCT), Simulator Integrated Platform Management System (IPMS) dan Ship Control Center (SCC) dan Lattek kesenjataan di Naval Firing Simulator (NFS).

Setelah pengenalan beberapa simulator Puslatlekdalsen dalam kegiatan tersebut para siswa juga dibekali materi gambaran tentang situasi saat kapal berlayar dan bertempur serta kehidupan jaga darat dan jaga laut saat kapal berlayar.

Adapun materi yang dikenalkan ini meliputi materi Peraturan Umum Dinas Dalam (PUDD) TNI AL di kapal diantaranya tentang Dinas Jaga Laut dan Peran-peran di KRI seperti Peran Operatif, Peran Administratif, Peran Darurat dan Peran Khusus.

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of