Tingkatkan Profesionalisme, Siswa TNI AL Kodiklatal Laksanakan Lattek Wira Jala Yudha XIII/2021

TNI AL

Kodiklatal Surabaya, 2 September 2021,.–Sebanyak 448 Prajurit Anggota Tetap (Antap) dan Prajurit siswa orang yang sedang menempuh pendidikan di Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) melaksanakan Latihan Praktek (Lattek) Layar Gabungan Wira Jala Yudha XIII/2021. Lattek Layar Gabungan tersebut dilepas langsung Komandan Komando Pendidikan Dukungan Umum (Dankodikdukum) Kodiklatal Laksma TNI Budi Raharjo dalam upacara militer di Dermaga Koarmada II Ujung Surabaya, Jumat (2/9/2021).

Lattek Layar Gabungan Wira Jala Yudha ini akan dilaksanakan selama enam hari ini menggunakan KRI Makasar-590 yang berada dibawah Satuan Kapal Amfibi Koarmada II. Bertindak sebagai Direktur Latihan (Dirlat) Lattek Layar Wira Jala Yudha XIII/2021 Kolonel Laut (P) Teguh Wibowo, M.Tr Hanla, yang sehari harinya menjabat Komandan Pusat Pendidikan Pelaut (Danpusdikpel) Kodikopsla, sedangkan Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) dijabat Letkol Laut (P) Andik Putro Wibowo, S.Sos yang sehari harinya menjabat Komandan Sekolah Senjata Bawah Air Pusdikpel.

Dari 448 prajurit antap dan siswa tersebut terdiri 23 Prajurit antap yang merupakan personil Satgas dan Bingsis sedangkan 445 orang merupakan prajurit siswa yang berasal dari dua Kodik. Adapun ke dua Kodik tersebut adalah Kodikopsla terdiri Siswa Dikmapa korps Pelaut dan Kodikdukum meliputi siswa Dikmapa korps Teknik, Elektronika dan Suplai, Dikmaba korps Mesin, Perbekalan, Elektro serta Dikmaba korps Kesehatan.

Dankodikdukum Kodiklatal Laksma TNI Budi Raharjo dalam sambutanya menyampaikan bahwa Lattek layar Gabungan Wira Jala Yudha merupakan program pendidikan yang sangat penting bagi para prajurit siswa Kodikopsla dan Kodikdukum Kodiklatal. Tujuan Lattek ini untuk mengenalkan para siswa tentang kehidupan, tugas-tugas dan tanggung jawab di KRI sesuai dengan kepangkatan dan kejuruannya.

Baca Juga :  LATIHAN KETERAMPILAN MMC 3000 DAN SECOS KOARMADA II MASUKI TAHAP PRAKTEK

Selain itu Lattek ini bertujuan untuk pengenalan berbagai peran di kapal diantaranya peran operatif, peran administratif dan peran darurat lainnya. Tujuan lainnya adalah memberikan pengetahuan tentang peraturan Dinas Dalam (PDD) KRI, meliputi penaikan dan penurunan bendera, apel pagi, apel siang, apel divisi jaga, parade anjungan ronda malam dan ronda rakit.

Dankodikdukum ini juga berharap agar para siswa mengikuti lattek berlayar ini dengan sungguh-sungguh, semangat yang tinggi dan berperan aktif dalam setiap kegiatan yang diadakan dan tetap mengutamakan keselamatan para siswa dengan mematuhi protokol COVID-19 dengan memakai masker, sering mencuci tangan dan jaga jarak aman, serta mengatur aktivitas dengan waktu istirahat.

Kegiatan Lattek Layar Gabungan Wira Jala Yudha XIII/2021 ini merupakan salah satu program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M dalam membangun sumberdaya manusia TNI AL yang unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman.

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of