Latma RSAF-TNI AU Elang Indopura XXI/21 Resmi Ditutup

TNI AU

PK.Riau.——-Latihan bersama Republic of Singapore Air Force dan TNI Angkatan Udara (RSAF-TNI AU) yang melibatkan 6 pesawat tempur F-16 Skadron Udara 16 (TNI AU) dan 6 pesawat tempur F-16 dari 143 Squadron Tengah Air Force Base (RSAF) resmi ditutup, Kamis (14/10/2021).

Penutupan Latma dengan sandi Elang Indopura XXI/21 ini dilaksanakan secara virtual yang dipimpin oleh direktur latihan (Dirlat) kedua negara, Kolonel Pnb Jajang Setiawan (TNI AU) di Lanud Roesmin Nurjadin dan Colonel Sim Peng Shin (RSAF) di Tengah Air Force Base.

Pada kesempatan tersebut, Kolonel Pnb Jajang Setiawan menyampaikan, pelaksanaan latma Indopura XXI/21 berlangsung dengan aman, lancar dan sukses, meskipun diselenggarakan pada masa pandemi Covid-19. Hal ini, lanjutnya, merupakan bukti kuat akan kokohnya hubungan dan terjalinnya kerjasama yang sangat kuat antara TNI AU dengan RSAF.

“Di tengah Pandemi Covid-19, ketika sebagian besar dunia tidak dapat melakukan latihan militer bilateral, TNI AU dan RSAF menunjukkan hubungan dan komitmen yang luar biasa dalam melaksanakan AMX. Hal ini melambangkan hubungan yang kokoh dan tidak dapat dipatahkan,” ungkap Kolonel Pnb Jajang.

Pelaksanaan Latma Indopura XXI/21 ini juga bertepatan dengan peringatan ke-40 tahun hubungan bilateral RSAF-TNI AU. Perayaannya ini juga ditandai dengan penerbangan bersama, kedua Kepala Staf Angkatan Udara menggunakan 9 pesawat tempur F-16 dari kedua negara (12/10).

“Penerbangan formasi gabungan “Meet in the air” antara KASAU dan CAF merupakan wujud dari keberhasilan latihan yang kita laksanakan,” terang Kolonel Pnb Jajang.

Sementara Direktur latihan dari RSAF menyampaikan, melalui latihan Elang Indopura para penerbang RSAF dapat meningkatjan kemampuannya, sekaligus meningkatkan persahabatan yang lebih kuat lagi, meskipun selama pelaksanaan latihan tidak dapat bertemu secara langsung.

Baca Juga :  Passing In Passing Out Parade Pangkoopsau III

“Saya yakin, bahwa kedua Angkatan Udara akan terus membangun hubungan bilateral dan membawa hubungan lebih kuat lagi. RSAF menantikan keterlibatan bilateral berikutnya dengan rekan-rekan kami di Indonesia,” ujar Colonel Sim Peng Shin.

Latma RSAF-TNI AU Elang Indopura XXI/21 berlangsung dari tanggal 11 sampai dengan tanggal 14 Oktober 2021 di wilayah Military Training Area (MTA) Pekanbaru, provinsi Riau. Selama latihan, para penerbang tempur kedua angkatan udara melaksanakan latihan air maneuver exercise dengan materi basic fighter maneuver dan air combat maneuver.

Adapun tujuannya untuk meningkatkan kemampuan para penerbang tempur kedua negara dalam melaksanakan taktik pertempuran di udara. Selain itu, juga melatih kemampuan skadron tempur kedua negara dalam melaksanakan operasi bersama di masa yang akan datang, serta meningkatkan kerjasama dan mempererat hubungan bilateral antara TNI AU dengan RSAF.

Pada akhir acara penutupan tersebut, kedua direktur latihan saling bertukar cinderamata melalui jaringan video konferensi.

Turut hadir pada acara ini, Paban III/Lat Sopsau, Kolonel Pnb M. Mujib, Wadirlaiklambangja Ditlambangja Puslaiklambangjaau, Kolonel Pnb Tarjoni, Pabandyasiapsat Paban III/Lat Sopsau, Pabandyaatmil paban IV/Hublu Sintelau, Danskadron Udara 16 dan segenap penerbang Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru.

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of