Presiden Jokowi Sukses Memimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Nasional

Presiden Joko Widodo sukses memimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada hari ini, di Monumen Pancasila Sakti, Pondok Gede, Jakarta Timur. Jokowi tiba sekitar pukul 07.55 WIB sebelum acara dimulai.

Jokowi masuk ke lapangan upacara bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Sejumlah pejabat ikut hadir seperti Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPD La Nyalla Mahmud Mattalitti. Panglima TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo turut hadir dalam upacara itu.

Dikutip dari laman CNNIndonesia, upacara dimulai pada pukul 08.00 WIB yang dilaksanakan di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur. Upacara tersebut digelar dengan protokol kesehatan ketat.

Upacara Hari Kesaktian Pancasila juga dilakukan secara virtual oleh para tamu undangan dan keluarga para pahlawan revolusi G30S/PKI. Petugas upacara dan pasukan TNI/Polri yang hadir juga dibatasi.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyampaikan hal ini dilakukan menyusul pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Dalam upacara, naskah Pancasila dibacakan Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti. Sedangkan naskah Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, dibacakan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Sementara itu, Ketua DPR RI Puan Maharani membacakan dan menandatangani naskah Ikrar. Rangkaian upacara ditutup dengan doa yang dibacakan Menteri Agama Yaqut Cholis Qoumas.

Usai memimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Jokowi langsung melakukan kunjungan kerja ke Jayapura, Papua.

Editor : Agung Setiadi

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of