Satgas Penanganan Covid-19 Minta TNI-Polri Berperan Aktif Dalam Pengendalian Pandemi

Polhukam

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menyatakan TNI Polri harus berparan aktif dalam pengendalian pandemi Covid-19. Tidak bisa hanya mengandalkan pemerintahan sipil saja.

“Seluruh pimpinan TNI Polri harus mampu mendukung pemerintahan sipil untuk itu betul punya kemampuan menanganinya,” ucap Wiku secara virtual dengan Sespim Lemdiklat Polri, Rabu (6/10).

Dilansir dari laman Okezone.com. Wiku Adisasmito menjelaskan, saat ini kendali untuk penanganan Covid-19 masih di pusat. Menurutnya setiap provinsi, kabupaten kota harus punya kendali dalam penanganan Covid-19.

“yang utama sekarang, kita kan kendalinya masih di pusat, kita perlu punya kendali di masing-masing daerah, di provinsi, kabupaten kota. Dan itu tidak bisa hanya pemerintahan sipil tapi juga kolaboratif dengan TNI Polri.” ucapnya.

Selain itu, Wiku mengatakan kinerja Satgas Posko saat ini masih rendah di angka 32-33%.

“Tapi modal utama kita, poin penting berikutnya adalah ternyata Satgas Posko itu apa pembentukan dan kinerja nya di berbagai daerah relatif masih belum tinggi, baru 32-33%.” ucapnya.

Oleh sebab itu, menurutnya TNI-Polri harus ikut serta dalam pengendalian Covid-19 walaupun jika dilihat ancaman pandemi Covid-19 ini sebagai nirmiliter. ia berpendapat, ini merupakan bentuk dari latihan TNI-Polri dalam menghadapi menghadapi ancaman kedepan yang bisa jadi lebih besar nantinya.

“Kalau kita melihat ancamannya masih nirmiliter, tapi terus mengatakan TNI-Polri nggak usah saja dulu, jangan. Ini apa karena konteksnya nyawa, dan ternyata gerakan sipilnya kalau sendirian kurang kuat, tapi kalau didukung TNI Polri luar biasa luar biasa. Bahkan, vaksinasinya juga luar biasa karena TNI Polri membantu.” ungkapnya.

Editor : Agung Setiadi

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of