Dankodikopsla Kodiklat TNI AL Terima Satgas Lattek Layar Gabungan Wira Jala Yudha XIV/2011

TNI AL

PK.Kodiklatal Surabaya, 15 November 2021.Komandan Komando Pendidikan Operasi Laut (Dankodikopsla) Komandan Komando Pembinaan Dokhtrin Pendidikan dan latihan TNI AL (Kodiklatal) Laksma TNI Octavianus Budi Susanto, S.H., M.Si mewakili Komandan Kodiklatal secara resmi menerima kedatangan Satgas Latihan Praktek (Lattek) Layar Gabungan Wira Jala Yudha XIV/2021 di Dermaga Ujung Koarmada II Surabaya.

Lattek Layar Gabungan Wira Jala Yudha XIV/2021 yang dilaksanakan sejak tanggal 8 November yang lalu diikuti 593 prajurit siswa yang sedang menempuh pendidikan di Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan laut (Kodiklatal). Bertindak sebagai Direktur Latihan (Dirlat) Lattek Layar Wira Jala Yudha XIV/2021 Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia, S.Sos yang sehari harinya menjabat Komandan Pusat Pendidikan Pelaut (Pusdikpel) Kodikopsla Kodiklatal, sedangkan Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) dijabat Komandan Sekolah Artileri (Danseart) Pusdikpel Kodiklatal.

Dalam pelaksanaan Lattek Layar ini melibatkan Unsur KRI Kormada II yaitu KRI Surabaya 591. Adapun KRI ini merupakan Jenis Kapal Amfibi yang berada dibawah Satuan Kapal Amfibi (Satfib) Koarmada II. Sedangkan Route yang akan dilalui antara lain Surabaya-Tanjung Jangkar-Banyuwangi -Surabaya.

Komandan Kodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat dalam sambutan yang dibacakan Dankodikopsla Laksma TNI Octavianus Budi Susanto, S.H., M.Si menyampaikan ucapan selamat datang kembali di surabaya. Semoga lattek berlayar selama satu minggu ini menjadi pengalaman berharga bagi para siswa dalam melaksanakan pendidikan, karena tidak semua prajurit mendapat penugasan di KRI. Sebaliknya, bagi para siswa yang kelak bertugas di KRI, lattek berlayar ini bisa meningkatkan motivasi untuk semakin mencintai profesi sebagai prajurit matra laut karena telah memahami tugas dan tanggung jawab serta PUDD khas TNI AL dalam kehidupan di KRI.

Baca Juga :  Kasatkes Kodiklatal Terima Kunjungan Keluarga Alm. Kolonel Laut (K) dr Sasongko

Pada saat kapal sandar di Banyuwangi, para siswa juga melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa penanaman pohon cemara udang, pohon bakau, pembersihan pantai Muncar Banyuwangi yang bekerja sama dengan Lanal Banyuwangi dan Pemkot Banyuwangi. Semoga apa yang telah siswa kerjakan bermanfaat bagi masyarakat pesisir dan masyarakat Banyuwangi khususnya.

Disisi lain disampaikan bahwa lattek ini merupakan mata ajaran yang penting dalam setiap program pendidikan di Kodiklatal, karena lattek memiliki jampel 60 % dari seluruh pelajaran yang diberikan kepada siswa. Oleh karena itu, lattek berlayar yang merupakan salah satu lattek yang penting, hendaknya memberikan manfaat yang besar bagi peningkatan pengetahuan para siswa selama mengikuti pendidikan masing-masing.

Semoga dengan keberhasilan dalam Lattek ini akan memberikan output hasil didik Kodiklatal yang siap pakai, tidak saja karena instruktur dan pelatih yang berusaha mentransfer ilmu dengan baik, namun peran serta siswa dalam menerima pelajaran sangat menentukan hal tersebut.

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of