Ukraina Minta Dukungan Indonesia, Pengamat : Kebijakan RI Bisa Saja Tidak Memuaskan Harapan Ukraina

Ukraina Minta Dukungan Indonesia, Pengamat : Kebijakan RI Bisa Saja Tidak Memuaskan Harapan Ukraina

Polhukam

Dubes Ukraina minta Indonesia mendukung Ukraina, Pengamat hubungan internasional Universitas Padjadjaran (Unpad) Teuku Rezasyah menilai wajar jika Ukraina meminta dukungan dari Indonesia untuk melawan Rusia.

“Permintaan dukungan Dubes Ukraina pada RI sangatlah wajar. Karena RI memiliki kredibilitas yang sangat tinggi dalam penanganan masalah-masalah yang berhubungan dengan ketertiban, perdamaian dan keamanan Internasional. Seperti biasanya, pandangan RI akan menjadi referensi banyak negara saat ini dan ke depan,” kata Rezasyah kepada wartawan, Rabu (2/3/2022).

Namun, dia menilai RI memiliki kewenangan mutlak dalam membuat kebijakan terkait perang Ukraina dengan Rusia. Dia mengatakan kebijakan RI bisa saja tidak memuaskan harapan Rusia atau Ukraina.

“Dengan mengedepankan seluruh aspek kepentingan nasionalnya, berikut ketaatannya dengan konstitusi nasional dan hukum internasional. Kebijakan RI tersebut, sebagaimana telah dikeluarkan oleh Kemlu RI memang tidak bisa memuaskan seluruh harapan Ukraina dan Rusia,” ucapnya.

Dia juga menilai sikap RI tidak akan berubah dalam konflik Rusia vs Ukraina. Menurutnya, perlu ada koordinasi Kemlu RI dengan Dubes Ukraina.

Sebelumnya, Dubes Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin mengatakan posisi Ukraina saat ini seperti posisi Indonesia tujuh dekade silam, yakni melawan penjajahan. Dia berharap RI mendukung Ukraina.

“Rakyat Indonesia, keadaan saat ini sungguh berat dan menyakitkan bagi kami. Oleh karena itu, kami menunggu dukungan Anda. Kami berharap dapat mendengar suara Anda yang lantang dan berani dalam membela kami,” kata Vasyl Hamianin dalam keterangan tertulisnya yang dikutip dari detikcom, Rabu (3/3/2022).

Ia berpendapat perdamaian yang terjaga dan dipelihara dengan susah payah oleh sistem keamanan global sejak selesainya Perang Dunia II bakal runtuh jika Rusia bisa menguasai Ukraina serta perdamaian yang selama ini sudah . (detik/pk)

Baca Juga :  Kolonel Inf M. Aidi : Selamat Tahun Baru 2020

Editor : Agung Setiadi

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments