Menhan Prabowo Terima Kunjungan Dubes Kroasia dan Dubes Baru Vietnam Dalam Rangka Perkuat Kerja Sama Pertahanan

Pertahanan

PK.Jakarta.Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bertemu dengan dua duta besar, yakni dubes Kroasia dan dubes baru Vietnam. Pertemuan itu untuk membahas peningkatan kerja sama penguatan industri pertahanan dengan perwakilan dua negara tersebut.

Duta Besar Kroasia untuk Indonesia Nebosja Koharovic datang ke kantor Kemhan, Jakarta, pada Rabu (27/4).

“Walaupun hingga kini antara Indonesia dan Kroasia belum ada penandatanganan dokumen kerja sama bidang pertahanan, Indonesia membuka peluang untuk menjalin kerja sama pertahanan antara kedua negara”, ucap Menhan Prabowo.

Di akhir pertemuan, Menhan Prabowo menyampaikan apresiasi kepada Duta Besar Kroasia untuk Indonesia Nebosja Koharovic, yang telah aktif berperan mengupayakan hubungan bilateral kedua negara serta mengundang Kroasia untuk dapat berpartisipasi pada Pameran Industri Pertahanan Indo Defence 2022.

Pada hari yang sama, Prabowo juga menyambut dubes Vietnam yang baru, Ta Van Thong. Dubes Vietnam turut didampingi oleh Atase Pertahanan Vietnam Sr, Colonel Do Xuan Quy.

Dalam kunjungan perkenalan ini, Menhan Prabowo berharap kerja sama pertahanan antara Vietnam dan Indonesia yang telah terjalin baik dapat terus ditingkatkan.

“Kerja sama pertahanan dan persahabatan yang didasari semangat persaudaraan dan prinsip saling menghormati ini, diharapkan dapat terus ditingkatkan,” ucap Menhan Prabowo.

Dalam kunjungan ini, Dubes Vietnam turut didampingi oleh Atase Pertahanan Vietnam Sr, Colonel Do Xuan Quy.

Kerja sama pertahanan antara Indonesia dan Vietnam telah ditandatangani sejak 27 Oktober 2012 dan diratifikasi pada tahun 2016.

Kerja sama meliputi saling kunjung pejabat Kemhan dan petinggi Angkatan Bersenjata, konsultasi reguler tentang masalah pertahanan yang menjadi perhatian kedua negara.

Selain itu, kerja sama juga meliputi bidang pendidikan dan latihan, pertukaran intelijen militer, kerja sama penelitian dan pengembangan teknologi industri pertahanan serta kerja sama lainnya di area yang disepakati bersama. (Biro Humas Setjen Kemhan)

Baca Juga :  Kasad Ingin Pusat Kesenjataan Infanteri Jadi Barometer Kesenjataan TNI AD

Editor : Agung Setiadi

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of