Dankodiklatal: Kodiklatal Harus Hasilkan Prajurit Petarung Samudera  yang Profesional, Tangguh dan Berkarakter

Dankodiklatal: Kodiklatal Harus Hasilkan Prajurit Petarung Samudera yang Profesional, Tangguh dan Berkarakter

TNI AL

PK.Surabaya, 27 Juni 2022,–“Penyelenggaraan Pendidikan di Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) harus bisa menghasilkan prajurit-prajurit Petarung Samudera yang profesional, tangguh dan berkarakter, prajurit TNI AL yang memiliki keunggulan dan moralitas yang tinggi, ” Demikian antara lain amanat Dankodiklatal Letnan Jenderal TNI (Marinir) Suhartono saat membuka Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) TNI AL Angkatan 53 tahun 2022 di Lapangan Samudera, Pusat Latihan Pendidikan Dasar Kemiliteran (Puslatdiksarmil) Juanda, Sidoarjo Senin (27/6).

Menurut Dankodiklatal, menghasilkan prajurit-prajurit profesional, tangguh dan berkarakter, hal ini merupakan implementasi program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono berkaitan dengan pembangunan Sumber Daya manusia (SDM) TNI AL. Kebijakan pimpinan TNI AL guna membanguan kekuatan serta mengembangkan organisasi TNI AL sebagai angkatan perang yang profesional moderen dan tangguh di masa depan perlu didukung SDM yang unggul.

Pada kesempatan ini, Dankodiklatal juga menyampaikan ucapan selamat kepada para siswa atas keberhasilan melewati tahapan-tahapan seleksi rekrutmen, untuk masuk pendidikan Diktukba TNI AL Angkatan 53. “Saudara-saudara adalah prajurit terpilih, yang siap untuk didik menjadi Bintara TNI AL, Bintara tulang punggung satuan, Bintara profesional, yang tangguh dalam menggadapi setiap penugasan di TNI AL yang akan datang. Keberhasilan ini harus disyukuri dan ditindaklanjuti lewat kontribusi positif siswa selama mengikuti pendidikan,’’ Tegas Letjen Marinir Suhartono.

Jenderal bintang tiga marinir ini menambahkan bahwa pendidikan pembentukan Bintara secara langsung akan membawa kebanggaan bagi keluarga siswa. “ Anak istri kalian tentu bangga karena dalam status hierarki kemiliteran, kalian akan berubah status dari Tamtama menjadi Bintara, untuk itu harus betul-betul kalian hayati selama melaksanakan pendidikan ,” tambah Dankodiklatal.

Diktukba TNI AL TA 2022 ini diikuti 798 prajurit strata tamtama, dan pendidikan untuk menjadi Bintara ini dilaksanakan selama 5 bulan, dalam dua tahap, yakni tahap pertama pendidikan dasar golongan selama 2 bulan di Puslatdiksarmil dan tahap kedua pendidikan dasar golongan lanjutan selama 3 bulan di Pusdik-pusdik unsur pelaksana pendidikan Kodiklatal.

Turut hadir pada pembukaan Diktukba ini antara lain, Danpuspenerbal, Laksda TNI Dwika Tjahja Setiawan, Wadan Kodiklatal Laksda TNI Agus Hariadi, Irkodiklatal, Kapokgadik Kodiklatal, para Direktur, Komandan Kodik, Danpusdik serta pejabat teras lainnya di jajaran Kodiklatal.

Dispenal/Mpk

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments