Perwakilan Babinsa Kodam III/Slw Ikuti Pelatihan Pembuatan Kapal Ferrocement

Perwakilan Babinsa Kodam III/Slw Ikuti Pelatihan Pembuatan Kapal Ferrocement

TNI AD

Portal Komando Jabar, -Dalam rangka kesiapan Sail dan Touring Sekeseler Siliwangi, Kodam III/Slw bekerja sama dengan Workshop Carita Boat Indonesia melaksanakan pelatihan pembuatan Kapal Ferrocement bertempat di Workshop Carita Boat Indonesia Jl. Raya Tj. Burung No 16 Tj. Burung Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Banten, Jawa Barat.

Hal tersebut disampaikan Kapendam III/Slw Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto di kantor Pendam III/Slw Jalan Aceh No 69 Kota Bandung, Jawa Barat, Jum’at (3/6/2022)

Menurut Kapendam. Pelatihan pembuatan Kapal Ferrocement diikuti oleh perwakilan Babinsa dan 1 orang Nelayan dari Kodim 0602/Serang, Kodim 0623/Cilegon, Kodim 0604/Karawang, Kodim 0605/Subang, Kodim 0616/Indramayu, serta Kodim 0620/Kab. Cirebon dimulai tanggal 31 Mei hingga 06 Juni 2022 mendatang.

Lanjutnya menuturkan, kegiatan pelatihan pembuatan Kapal Ferrocement ini guna mendukung kegiatan Sail dan Touring Sekeseler Siliwangi yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini selama lebih kurang 12 hari dengan titik start dari pesisir pantai Cirebon sampai dengan pantai Pangandaran dengan jarak tempuh kurang lebih 1000 Km.

Ferrocement sendiri menurut Kapendam, merupakan sejenis beton bertulang yang berukuran tipis biasanya dibuat dari mortar semen hidrolik ditulangi kawat dengan jarak lapisan dan ukuran jaringan kawat yang rapat. Jaringannya bisa terbuat dari metalik atau material lain yang sejenis juga penggunaan struktur beton menjadi lebih efisien dan ekonomis dibanding dengan menggunakan komponen beton bertulang pada umumnya.

Kapal Ferrocement ini dirancang dengan panjang 10 meter dan lebar 3 meter dengan berat perahu mencapai kurang lebih 4 ton dan menggunakan rangkaian besi 10 inci dan 8 inci, serta dapat menampung penumpang 20 hingga 25 orang, dapat digunakan untuk kegiatan Safari Sail, Patroli Kelautan, juga Transportasi Laut.

Baca Juga :  Ratusan Mahasiswa Ikuti Komsos TNI Di Balai Komando Makopassus

“Setelah selesai melaksanakan kegiatan pelatihan pembuatan Kapal Ferrocement, para Babinsa dapat memberikan pendampingan kepada masyarakat dalam pembuatan perahu tersebut,” pungkasnya.

( Wandha MPK / Pendam III/Siliwangi).

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments