Antisipasi Ancaman di Wilayah, Satuan Yonkav 6/Naga Karimata Laksanakan Latihan Taktis Tingkat Peleton TA. 2022

Antisipasi Ancaman di Wilayah, Satuan Yonkav 6/Naga Karimata Laksanakan Latihan Taktis Tingkat Peleton TA. 2022

TNI AD

P.K.Medan – Selain untuk meningkatkan kemampuan teknis maupun taktis satuan Peleton Yonkav 6/NK, latihan ini disebut *”Lattis Ton Kav”*, bertujuan untuk meningkatkan militansi prajurit Naga Karimata, dalam rangka kesiapan menghadapi berbagai ancaman di wilayah Sumut, khususnya wilayah medan dan sekitarnya

Hal ini disampaikan Komandan Batalyon Kavaleri 6 Naga Karimata (Danyonkav 6/NK) Letkol Kav. Nugraha Yudha Prawiranegara SIP usai latihan teknis dan taktis Tingkat Kompi yang diikuti oleh 57 orang personel Yonkav 6/ NK dan telah dilaksanakan tanggal 20 – 22 Juni 2022 di Sawit Seberang, Kec. Wampu Kab Langkat, Latihan ini menggunakan 4 kendaraan tempur (Ranpur) Tank AMX jenis Canon  dan satu Ranpur AMX jenis APC, Baru-baru ini.

Menurut Danyonkav 6/NK bahwa dengan digelarnya latihan ini merupakan salah satu upaya Pembinaan satuan dan pemeliharaan serta peningkatan profesionalitas prajurit. Selain itu juga dimaksudkan agar para prajurit memahami dan mampu melaksanakan dan mengaplikasikan materi teknik serta taktik bertempur tingkat Peleton.

Saat latihan, Danyonkav 6/NK Letkol Kav Nugraha Yudha P, S.I.P. menekankan kepada seluruh peserta latihan agar melaksanakan latihan dengan semangat dan sungguh-sungguh, memaksimalkan sarana prasarana pendukung yang ada serta memanfaatkan sebesar-besarnya latihan ini untuk meningkatkan kemampuan teknis mau pun taktis dalam hubungan satuan setingkat Peleton, dengan tidak mengabaikan faktor keamanan dan keselamatan.

“Sebagai seorang prajurit TNI khususnya kecabangan Kavaleri, latihan-latihan seperti ini sangatlah penting dilaksanakan untuk memberi penyegaran kembali terhadap tugas pokok dan fungsi masing-masing Pleton, terutama jika terjadi hal-hal yang mengancam keamanan wilayah Medan dan sekitarnya, karena itu pahami apa yang di arahkan dan laksanakan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan,” tegasnya.

Lanjut Danyonkav 6/NK, sasaran latihan ini diharapkan akan bisa menjaga kemampuan perorangan dan kelompok dalam menghadapi konflik pertempuran kenvensional saat operasi militer perang.

Baca Juga :  Dandim 0501/JP Laksanakan Pamwaskita RI 1 di Sholat Idul Fitri 1440 H

Diakhir Latihan Taktis tingkat Pleton, Danyonkav 6/NK Letkol Kav Nugraha Yudha P. S.IP menyampaikan rasa bangganya terhadap seluruh prajurit Yonkav 6/NK yang telah melaksanakan rangkaian materi latihan mulai dari Pinpas hingga Serangan dengan penuh semangat serta melaksanakan setiap prosedur latihan dengan baik.

“Alhamdulillah, selama pelaksanaan kegiatan “Lattis Ton Kav” ini semua berjalan dengan aman dan lancar,” tutup Danyonkav 6/NK.

Sumber : Yonkav 6/NK

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments