Hebat!!! Satgas Rimpac TNI AL Juarai Turnamen Bola Volly Rimpac Sport Event di Pearl Harbour

Hebat!!! Satgas Rimpac TNI AL Juarai Turnamen Bola Volly Rimpac Sport Event di Pearl Harbour

TNI AL

PK.Jalesveva Jayamahe.Jakarta, 04 Juli 2022 — Satuan Tugas (Satgas) Latihan Bersama Multilateral Rim of The Pacific (Satgas Latma Rimpac) 2022 TNI Angkatan Laut (TNI AL) berhasil menguasai Pangkalan Pearl Harbour Hawaii, Amerika Serikat (AS) saat dinyatakan sebagai juara dalam turnamen bola voli Rimpac Sport Event yang digelar di Joint Base Pearl Harbour-Hickam (JBPHH), Hawaii, Amerika Serikat (AS) Sabtu (2/7) kemarin, setelah bertarung melawan tim dari negara-negara lainnya.

Pada laga final yang diadakan di Pier Side Gym, JBPHH ini tim Satgas harus meladeni tim tangguh dari tim kapal perang BAP Guise asal Peru. Kendati demikian, tim Satgas yang didukung penuh oleh supporter dari personel Satgas terus melaju dengan permainan taktis yang baik, sehingga berhasil mengalahkan tim BAP Guise, Peru dua set langsung.

Perjalanan tim Satgas pada turnamen bola voli terbilang mulus dan impresif karena selalu menuai kemenangan dengan dua set langsung. Sebelumnya tim bola voli Satgas berturut-turut mengalahkan tim USS Spruance asal AS, HMAS Supply asal Australia, USS Charlote asal AS, dan INS Satpura asal India sebelum melenggang ke final. Keberhasilan ini mengulangi sejarah dimana pada tahun 2018, di even yang sama, Satgas Rimpac TNI AL juga berhasil menjuarai turnamen bola voli Rimpac Sport Event.

Sementara itu pada turnamen sepak bola, langkah tim Satgas harus terhenti setelah dikalahkan oleh tim CNS Almirante Lynch asal Chile melalui adu pinalti. Pada pertandingan tersebut tim Satgas sempat unggul 1-0 terlebih dahulu di babak pertama. Namun, di babak kedua tim CNS Almirante Lych berhasil menyamakan kedudukan 1-1 setelah mendapatkan hadiah tendangan pinalti akibat pelanggaran yang dilakukan tim Satgas. Permainan imbang terus berlangsung sampai babak kedua berakhir sehingga diteruskan dengan adu pinalti.

Rimpac Sport Event merupakan salah satu kegiatan tahap pangkalan (Harbour Phase) yang bertujuan untuk mempererat hubungan baik serta menjaga sportifitas antar perwakilan peserta Rimpac dari berbagai negara.

Sebanyak 26 negara, 38 kapal perang, empat kapal selam, lebih dari 170 pesawat tempur dan kurang lebih 25.000 personel dari berbagai negara berpartisipasi pada Latma Rimpac 2022 yang dilaksanakan pada 29 Juni sampai 4 Agustus 2022 di Kepulauan Hawaii dan Selatan California.

Keterlibatan TNI AL dalam Latma Rimpac merupakan salah satu program antara TNI AL dengan U.S. Navy dalam rangka meningkatkan profesionalisme, mempererat hubungan kerja sama, dan secara eksternal memiliki tujuan untuk meningkatkan peran diplomasi TNI AL sesuai dengan prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono. Pada seri latihan Rimpac yang ke-28 ini, TNI AL mengirimkan satu kapal perang, yakni KRI I Gusti Ngurah Rai-332 dan 35 prajurit Marinir.

Dispenal/Mpk

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments