Bakamla RI Gelar Latma Hadapi Pencemaran di Laut

Bakamla RI Gelar Latma Hadapi Pencemaran di Laut

Hankam

PK.Jakarta,  Deputi Kebijakan dan Strategi (Jakstra) Bakamla RI Laksda Bakamla Tatit E. Witjaksono, S.E., M.Tr (Han) membuka Latihan Bersama (Latma) Teknik Pengambilan Sample Pencemaran di Laut. Kegiatan berlangsung di Aula II Mabes Bakamla RI, Menteng, Jakarta Pusat, Kemarin

Latihan ini diikuti oleh seluruh personel terkait yang berdinas di Kapal Negara Bakamla RI, Kantor Kamla Zona Maritim Barat, Tengah dan Timur, serta perwakilan Kementerian dan Lembaga (K/L) seperti Polair, TNI AL, PSDKP, KPLP, dan Bea Cukai.

Dalam sambutan Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia yang dibacakan oleh Deputi Jakstra Bakamla RI, menyampaikan bahwa latihan bersama sudah menjadi amanah dari Peraturan Pemerintah (PP) No. 13 Tahun 2022. Guna mendukung tugas operasional penegakan hukum di laut, khususnya dalam menangani masalah pencemaran di laut, tidak berjalan sendiri-sendiri melainkan diperlukannya sinergitas yang kuat dari para K/L terkait.

“Saya berharap pelatihan ini dapat memberikan ilmu tentang penanganan pencemaran di laut, dalam rangka mendukung penyidikan atau tindak pidana pencemaran lingkungan sesuai ketentuan yang berlaku. Serta memupuk kebersamaan sekaligus meningkatkan profesionalisme kita semua dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai aparat pemegak hukum”, ucap Laksda Bakamla Tatit saat membacakan sambutan Kepala Bakamla RI.

Setelah secara resmi dibuka, di hari pertama pelatihan ini, para peserta diberikan materi oleh narasumber dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI tentang “Tindak Pidana Lingkungan Hidup Kasus Pencemaran di Laut” dan “Pengawasan, Pengendalian, Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan di Wilayah Pesisir dan Laut”. Sesi materi dibawakan oleh Drs. Iyan Suwargana, M.Si., dan Drs. Yudi Suyudi, MA.

Turut menghadiri dan mengawasi jalannya pelatihan Direktur Latihan Bakamla RI Laksma Bakamla Suwito, S.E., M.Si.(Han), Direktur Kerja Sama Bakamla RI Laksma Bakamla Purwanto Djoko Prasetyo, Kasubdit Penyelenggaraan Latihan Bakamla RI Kolonel Bakamla Anang Suryanto, S.H., M.A.P., M.Tr. Hanla. Serta turut dihadiri perwakilan dari Staf Operasi Angkatan Laut Kolonel (P) Amrin dan Polair yaitu Capt. Nyoto Saptono.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments