HUT ke-77 RI Diwarnai Aksi Teror KKB di Intan Jaya Papua

HUT ke-77 RI Diwarnai Aksi Teror KKB di Intan Jaya Papua

Polhukam

PK.Papua.Kelompok kriminal bersenjata (KKB) berupaya mengganggu pelaksanaan upacara HUT Ke-77 Kemerdekaan RI dan menyerang tiga lokasi dan membakar mes Dinas Perhubungan, Kabupaten Intan Jaya, Papua.

Melansir dari Merdeka.com, Komandan Korem 173/PVB Brigjen TNI Taufan Gestoro mengakui kelompok sipil bersenjata (KSB) juga sempat berupaya mengganggu pelaksanaan upacara HUT Ke-77 Kemerdekaan RI di Kabupaten Intan Jaya, Papua. Dia mengatakan terjadi kontak senjata antara aparat keamanan dan KKB.

“Memang benar KSB, Rabu pagi sekitar pukul 08.00 WIT melakukan penembakan di sekitar Mamba, namun berhasil diatasi oleh aparat keamanan yang memang sudah bersiaga guna mengantisipasi adanya gangguan keamanan,” kata Taufan, Rabu (17/8).

Namun, kata Taufan, KKB akhirnya berhasil dipukul mundur dan pelaksanaan upacara HUT Ke-77 Kemerdekaan RI di halaman kantor Bupati Intan Jaya di Sugapa berlangsung aman.

Ketika ditanya tentang upacara HUT RI di wilayah Korem 173/PVB, dia mengaku secara keseluruhan berlangsung aman dan tidak ada gangguan yang berarti.

Sebelumnya, Wakil Kepala Polres Intan Jaya Komisaris Langgeng Widodo juga mengatakan KKB melakukan penembakan di tiga lokasi yaitu dari Mamba, belakang BPD dan belakang polsek pada Selasa (16/8) kemarin.

Ia menerangkan, KKB juga membakar mes perhubungan milik Dinas Perhubungan Kabupaten Intan Jaya.

“Akibat penyerangan yang dilakukan KKB menyebabkan operasional bandara ditutup sekitar pukul 10.00 WIT. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut,” kata Langgeng, Selasa (16/8). (PK/Merdeka)

Editor : Agung Setiadi

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments