LATIHAN BERSAMA KRI I GUSTI NGURAH RAI-332 DENGAN ROKS MARADO-6112 PASCA RIMPAC

LATIHAN BERSAMA KRI I GUSTI NGURAH RAI-332 DENGAN ROKS MARADO-6112 PASCA RIMPAC

TNI AL

PK.Jalesveva Jayamahe.Jakarta, 8 Agustus 2022 – KRI I Gusti Ngurah Rai-332 yang merupakan kapal Satuan Tugas Latihan Bersama Multilateral Rim of The Pacific (Satgas Latma Rimpac) 2022 TNI Angkatan Laut (TNI AL) melaksanakan latihan dengan kapal Republik of Korea Navy Ship (ROKS) Marado-6112 di Perairan Samudera Pasifik, Minggu (07/08).

Latihan digelar dalam perjalanan kembali ke negara asal setelah kedua kapal selesai melaksanakan Latma Rimpac di Hawaii. Kegiatan diawali dengan latihan Man Over Board Exercise (Mobex) yaitu penyelamatan orang yang jatuh di laut. Di mana disimulasikan ada personel KRI I Gusti Ngurah Rai-332 yang jatuh di laut berupa manekin atau mock up personel. Kemudian dengan komunikasi yang terjalin baik, ROKS Marado-6112 mengirimkan regu penyelamat dengan rescue boat. Setelah berhasil menyelamatkan personel yang jatuh tersebut, regu penyelamat mengantarkan kembali ke KRI I Gusti Ngurah Rai-332.

Kemudian latihan dilanjutkan dengan division tactic (Divtac) maneuver yaitu latihan manuver dan formasi kapal dengan tujuan untuk pengembangan taktik dalam peperangan laut. Pada latihan tersebut dilaksanakan pula latihan komunikasi menggunakan isyarat bendera dan isyarat lampu. Latihan ini diakhiri dengan pelaksanaan salute formation di mana kedua kapal melaksanakan peran parade untuk saling menghormati.

Dilaksanakannya kegiatan ini merupakan wujud kerjasama antara kedua angkatan laut yang baik. Serta membuktikan bahwa prajurit TNI AL merupakan prajurit yang tidak kenal lelah berlatih untuk terus meningkatkan kemampuan dan profesionalismenya.

Dan ini sesuai dengan Program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono dalam membangun sumber daya manusia TNI AL yang unggul dan profesional serta pembangunan sistem pembinaan kekuatan dan kesiapan operasi.

Sebelumnya KRI I Gusti Ngurah Rai-332 baru saja selesai melaksanakan Latma Rimpac 2022 yang merupakan latihan angkatan laut terbesar di dunia. Latihan tersebut diselenggarakan oleh Armada ke-3 U.S. Navy dan U.S. Marine Force Pacific dengan melibatkan negara-negara di kawasan Indo Pasific, Eropa dan Asia. Pada seri Latma Rimpac yang ke-28 ini, TNI AL mengirimkan satu kapal perang, yakni KRI I Gusti Ngurah Rai-332, dan 35 prajurit Marinir.

Baca Juga :  Panglima Koarmada II Terima Kunjungan Panglima Armada Timur Malaysia

Satgas yang dikomandani Kolonel Laut (P) Lewis N. Nainggolan tersebut berhasil mengikuti seluruh rangkaian kegiatan latihan yang dilaksanakan mulai 29 Juni hingga 4 Agustus 2022 dengan baik dan memuaskan.

Latma Rimpac 2022 resmi ditutup oleh Panglima Armada Ke-3 U.S. Navy Vice Admiral Michael Boyle pada Kamis (4/5) di Ford Island Convention Center, Hawaii.

Dispenal/Mpk

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments