Pangdam XII/Tpr Ikuti Panen Raya Jagung dan Peresmian Seratus Titik Sumber Air oleh Kasad Secara Virtual

Pangdam XII/Tpr Ikuti Panen Raya Jagung dan Peresmian Seratus Titik Sumber Air oleh Kasad Secara Virtual

TNI AD

PK.Kubu Raya, Jum’at (12/8/22) – Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Sulaiman Agusto, S.I.P., M.M., mengikuti secara virtual Panen Raya Jagung dan Peresmian Seratus Titik Sumber Air oleh Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman dari Ruang Rapat Puskodalopsdam XII/Tpr.

Panen raya jagung dan peresmian sebanyak 100 titik sumber air program TNI Manunggal Air oleh Jenderal TNI Dudung Abdurachman ini dilaksanakan di Desa Ciemas, Kecamatan Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Kasad, Jenderal TNI Dudung Abdurachman dalam sambutannya menyampaikan, apabila membahas isu pangan maka yang terbayang di depan mata kita adalah ancaman krisis pangan. Bagaimana tidak, belum selesai kita merespon pandemi Covid-19, saat ini ada lagi ancaman akibat dari pecahnya perang antara Rusia – Ukraina.

Menurut Kasad, perang tersebut tidak hanya mengakibatkan terjadinya korban jiwa antara Rusia – Ukraina tapi juga berdampak dengan terganggunya suplai bahan pangan yang mengakibatkan kelaparan atau krisis pangan.

Untuk mengatasi hal tersebut, kata Kasad, diperlukan kerja sama semua stake holder, bersama sama dan bahu membahu, serta berinovasi guna menghindarkan krisis pangan tersebut. TNI AD sebagai bagian dari komponen bangsa yang bertanggung jawab menjaga NKRI dari berbagai ancaman. Untuk itulah TNI AD turun gunung untuk menghadapi kemungkinan krisis pangan.

Selanjutnya kata Kasad, merupakan suatu hal mutlak bahwa TNI Angkatan Darat dimana harus hadir serta siap mengatasi kesulitan masyarakat. Ini salah satu program dalam wujud nyata upaya kita meningkatkan ketahanan pangan dengan membuka lahan kemudian juga membuat sumur bor.

“Hari ini ada 1100 hektar lahan bekerja sama dengan PTPN. Lahan – lahan ini biasanya digunakan untuk latihan oleh Kostrad tetapi kita manfaatkan. Hari ini kita juga meresmikan penggunaan 100 titik air di seluruh Indonesia. Saat ini kita sudah ada membangun lebih dari 600 titik air,” kata Kasad. (Pendam XII/Tpr)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments