Wabup Bersama Dandim 0314/Inhil Resmikan Kampung Pancasila

Wabup Bersama Dandim 0314/Inhil Resmikan Kampung Pancasila

TNI AD

PK -RIAU,Tembilahan, – Wakil Bupati Kabupaten Inhil H Syamsuddin Uti Bersama Dandim 0314/Inhil Letkol Arh M Nahruddin Roshid, S.E.,M.Tr.(Han) meresmikan Kampung Pancasila di desa Pekan Kamis, Kecamatan Tembilahan Hulu,Kabupaten lnhil, Kamis (11/8/22) pagi.

Dandim 0314/Inhil Letkol Arh M. Nahruddin Roshid, S.E.,M.Tr.(Han) mengatakan bahwa peresmian Kampung Pancasila ini merupakan peresmian gelombang ke 2 yang mana gelombang pertamanya dulu telah resmikan 1 Kampung Pancasila sebagai percontohan di Kecamatan Tempuling.

Pembentukan Kampung Pancasila ini juga merupakan tindak lanjut dari perintah pimpinan TNI AD guna membumikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sosial masyarakat yang akhir-akhir ini semakin tergerus oleh kemajuan jaman.

“Adapun tujuan dibentuknya Kampung Pancasila ini tak lain dan tak bukan ialah untuk mempersatukan seluruh komponen bangsa di wilayah,” ujar Dandim 0314/Inhil Letkol Arh Nahruddin Roshid.

Lebih lanjut dikatakan Letkol Arh Nahruddin Roshid, masyarakat Indonesia yang penuh kemajemukan, baik dari sisi suku, adat dan agama ini tentunya sangat penting untuk menjaga persatuan dan kesatuannya dengan bingkai NKRI, Bhinneka Tunggal Ika dan Pancasila, sehingga tidak mudah terpengaruh oleh paham-paham radikal, dan intoleransi dalam kehidupan sosial dan keagamaan.

“Pembentukan Kampung Pancasila ini akan terus kita kembangkan dengan target setiap Desa punya 1 Kampung Pancasila,” jelas Dandim.

Bahkan, kegiatan pencanangan Kampung Pancasila di wilayah Provinsi Riau, juga dilakukan secara serentak oleh seluruh satuan jajaran Kodam I/Bukit Barisan, salah satunya Kodim 0314/Inhil.

“Dengan kegiatan pencanangan serentak seperti ini, diharapkan akan bisa dibudayakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat di seluruh desa di wilayah Nusantara,” ujarnya.

Dandim mengucapkan terima kasih dan bangga dengan antusiasme warga desa Pekan Kamis yang begitu tinggi dalam menyambut Kampung Pancasila ini.

Baca Juga :  Babinsa Bersama Pok. Tani Tanam Padi

“Kita lihat bersama, warga masyarakat desa Pekan Kamis, khususnya RT 05 ini sangat menyambut positif Kampung Pancasila di wilayahnya, dan ini menjadikan kita Kodim 0314/Inhil semakin semangat dalam menyelaraskan dengan semua program pembangunan yang dilakukan pemerintah,” cetus Dandim.

Pembentukan Kampung Pancasila ini menurut Dandim, merupakan bentuk perlindungan negara terhadap jiwa nasionalisme, bela negara serta cinta tanah air khususnya generasi muda di tengah serbuan informasi di era digital saat ini.

Sementara itu, Wabup Inhil H Syamsuddin Uti sangat mengapresiasi dengan adanya kampung Pancasila ini. Karena ini sangat penting untuk paragenerasi muda agar kembali mengenang perjuangan para pahlawan dan memperdalam Pancasila sebagai dasar kehidupan sehari-hari.

Sebentar lagi kita akan memeriahkan hari kemerdekaan kita, saya berharap masyarakat semuanya agar kiranya dapat memasang bendera disetiap rumahnya masing masing. Untuk menyemarakan hari kemenangan kita.

Nanti akan kita bagikan sebanyak 10 000 bendera merah putih kepada masyarakat hingga tidak lagi masyarakat yang beralasan tidak punya bendera.

Mari kita sama sama mengenang dan menghargai jasa para pahlawan kita yang telah rela berkorban jiwa demi merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik lndonesia ini.

“Semoga dengan adanya kampung Pancasila ini, saya berharap warga Inhil khususnya desa Pekan Kamis dapat benar-benar mengimplementasikan serta memperdalam Pancasila,” ucapnya.

Acara dilanjutkan dengan kegiatan pemberian 10.000 bendera merah putih kepada Kepala Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Satpol PP, Mahasiswa dan guru dilanjutkan pelepasan pemberangkatan pembagian bendera kepada seluruh masyarakat.

Pada moment kegiatan peresmian Kampung Panca Sila ini Dandim juga memberikan bantuan berupa paket sembako kepada anak anak yatim dan kaum Dhuafa yang berada di Desa Pekan Kamis.

Prabu

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments