Kaskoarmada II Membuka Lelang Eks KRI Teluk Penyu-513 dan KRI Teluk Mandar-514

Kaskoarmada II Membuka Lelang Eks KRI Teluk Penyu-513 dan KRI Teluk Mandar-514

TNI AL

PK.Koarmada II, Rabu 21 September 2022.Kaskoarmada II Laksma TNI Andi Abdul Aziz, S.H., M.M., mewakili Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. T.S.N.B., Hutabarat, M.M.S., membuka lelang Eks KRI Teluk Penyu-513 dan KRI Teluk Mandar-514, bertempat di Lounge Majapahit Koarmada II, Rabu (21/9).

KRI merupakan salah satu unsur yang memiliki peranan sangat penting dalam Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) guna mendukung tugas pokok Koarmada II, namun sejalan dengan pelaksanaan tugasnya KRI juga memiliki masa aktif yang telah ditentukan meskipun selama operasionalnya telah dilaksanakan perawatan dan peremajaan pada system peralatan pendukungnya.

Dalam sambutan Pangkoarmada II yang dibacakan Kaskoarmada II menyampaikan bahwa KRI Teluk Penyu-513 dan KRI Teluk Mandar-514 adalah salah satu unsur Satuan Kapal Amfibi (Satfib) Koarmada II yang telah melaksanakan darma baktinya lebih dari 40 tahun sejak masuk ke jajaran Koarmada II pada tahun 1982. Berbagai operasi telah dilaksanakan dan membawa kebanggaan atas sema keberhasilan tugas dan dedikasinya selama ini.

“Pengabdian KRI Teluk Penyu-513 dan KRI Teluk Mandar-514 akan menjadi catatan dalam sejarah Koarmada II, hingga pada akhir pengabdiannya dengan berbagai pertimbangan kedua KRI tersebut dinyatakan sudah tidak layak operasi dan telah dilaksanakan pus oleh TNI Angkatan Laut serta pada hari ini dilaksanakan proses lelang,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, sesuai perkembangan teknologi penyempurnaan KRI harus dikembangkan, dan saat ini TNI AL terus menghadirkan alutsista yang baru, termasuk KRI jenis baru untuk mendukung tugas TNI AL yang semakin kompleks dan TNI AL akan terus berupaya mendorong pemenuhan alutsista melalui program pengadaan yang direncanakan baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Hadir pada acara lelang terbuka tersebut diantaranya, Dirjen Kekayaan Negara Bapak Rionald Silaban, Pejabat Utama Koarmada II, Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Surabaya (KPKNL) Bapak Andi Pardede, serta pengawas lelang dari Kemhan, Mabes TNI dan Mabesal.

(Pen/2)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments