Panglima TNI Cerita Suka dan Duka Selama 35 Tahun Mengabdi di Militer

Panglima TNI Cerita Suka dan Duka Selama 35 Tahun Mengabdi di Militer

Polhukam

PK.Jakarta.Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menceritakan suka dan duka selama 35 tahun mengabdi di militer saat memberikan pengarahan kepada para perwira yang ikut pendidikan program Command and Staff Course dan Intermediate Staff Course oleh Akademi Pertahanan Brunei Darussalam.

“Tahun ini adalah tahun ke-35 saya mengabdi pada militer Indonesia, banyak suka dan duka selama karir saya sejak masuk akademi militer dan kemudian mendapatkan jabatan hingga sekarang,” kata Andika dalam vidoe di kanal YouTube miliknya, Selasa (15/11).

Andika mengatakan, tidak bisa menggeneralisasi sikap kepemimpinan seperti yang dibutuhkan di militer untuk menghadapi tantangan situasi keamanan saat ini.

“Karena situasi akan selalu berubah, selalu berkembang dan tidak akan ada habisnya,” jelasnya.

Dia berpandangan, Berdasarkan pengalamannya 35 tahun mengabdi di militer cara terbaik menghadapi situasi yang terus berkembang yakni menjalin persahabatan dengan negara lain.

“Saya pikir cara terbaik adalah dengan melihat siapa apakah kita punya teman-teman di sekitar kita karena itulah hal yang terbaik,” ungkapnya.

Panglima TNI itu menilai, setiap negara dapat saling bekerja sama dan saling mengandalkan dalam berbagai aktivitas pertahanan.

“Saat berkunjung, saya harus mengandalkan mereka, saya tidak bisa membawa seluruh keamanan saya sendiri, harus bekerja sama dan mempercayai mereka,” kata Andika.

Andika juga berpesan kepada para perwira dari sejumlah negara yang mengikuti program tersebut agar memanfaatkan pendidikan tersebut sebaik mungkin untuk menjalin tali persahabatan.

“Kalian semua masih memiliki waktu yang lama mengabdi, manfaatkan pendidikan dan saling bersahabat satu sama lain, tidak semua orang mendapatkan kesempatan ini,” ucapnya. (pk)

Editor : Agung Setiadi

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments