Srikandi Kesdam III/Siliwangi Sasar Tiap Kampung, Cek Kesehatan & Mental Para Pengungsi

Srikandi Kesdam III/Siliwangi Sasar Tiap Kampung, Cek Kesehatan & Mental Para Pengungsi

TNI AD

Portal Komando Jabar,-Letkol CKM (K) Susana Agustina M.H.Kes.,M.M.RS., Ketua komite etik dan hukum Rumah Sakit Tk II Dustira Kesdam III/Slw beserta sejumlah anggota Kesdam III/Slw, didampingi prajurit Yonif R 300/BJW dengan menggunakan sepedah motor, melaksanakan Dukkes Trauma Healling kepada masyarakat Cianjur, pasca musibah gempa bumi di pengungsian Dusun Pasir Gombong, Kampung Baru Kaso RT 05/01 Cianjur, Jawa Barat.

“Kondisi di Dusun Pasir Gombong, memang sudah banyak bangunan yang hancur, namun kami sangat bersyukur sekali nampaknya masyarakat di sini masih bisa memiliki semangat dan tidak depresi, dikarenakan banyaknya perhatian dari berbagai pihak, yang membuat masyarakat tetap memiliki harapan untuk masa depan,” ujar Letkol CKM (K) Susana Agustina, Jum’at (02/12/2022).

Terpantau di lokasi, Letkol CKM (K) Susana Agustina bersama para rombongan menyambangi setiap tenda pengungsian dan mengecek para pengungsi yang ada di dalam tenda, apakah ada pengungsi yang mengalami depresi pasca terjadinya gempa bumi. Pada kesempatan tersebut Letkol CKM (K) Susana juga menyempatkan berkomunikasi dengan para pengungsi yang berada dari Kampung Baru Kaso.

Kepada awak media, Letkol CKM (K) Susana Agustina mengatakan, bahwa kunjungan langsung ke beberapa tenda pengungsian di tempat yang cukup tersebar tersebut adalah untuk membantu meringankan depresi akibat bencana (Trauma Healling)

“Tujuan utama kami adalah untuk memberikan mental healing terhadap masyarakat, namun saat kami cek di beberapa tenda, masyarakat di sini sangat luar biasa mentalnya, cukup terjaga, masih bersemangat dan sementara ini kami belum menemukan masyarakat yang depresi atau trauma,” jelasnya.

Letkol CKM (K) Susana Agustina menyampaikan, apabila terdapat masyarakat yang mengalami depresi atau trauma akan dilakukan tindakan pendekatan, komunikasi serta tindakan untuk dapat mengembalikan semangat dan harapan.

Baca Juga :  Babinsa Kedundang Laksanakan Pembinaan Linmas

“Kami bersyukur mental dan semangat masyarakat masih terjaga dengan baik, awalnya kami mencari data terhadap masyarakat seandainya ada yang mengalami down, bahkan trauma namun saat kami cek langsung ke lokasi ternyata mental masyarakat di sini terjaga dengan baik, ini disebabkan oleh pedulinya masyarakat sekitar dari segala penjuru tanpa melihat status dan suku,” imbuhnya.

Di akhir kunjungannya Letkol CKM (K) Susana Agustina menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat sekitar dan para relawan yang sudah banyak membantu, begitu juga kepada para pemuda yang telah berinisiatif mendirikan tenda sendiri tanpa harus menunggu uluran bantuan dari orang lain.

( Wandha MPK / Pendam III/Siliwangi ).

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments