Tingkatkan Kemampuan, Penyelam TNI AL Koarmada II Laksanakan Latihan Penyelaman Dalam Dengan Mixgas

Tingkatkan Kemampuan, Penyelam TNI AL Koarmada II Laksanakan Latihan Penyelaman Dalam Dengan Mixgas

TNI AL

PK.TNI AL. Koarmada II, Surabaya 10 Desember 2022.Dalam rangka meningkatkan kemampuan prajurit Penyelam TNI Angkatan Laut, Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Koarmada II melaksanakan latihan penyelaman dalam dengan media pernafasan mixgas, yang berlangsung sejak tanggal 21 November s.d. 15 Desember 2022, bertempat di Basis Dislambair Koarmada II dan Perairan Pasir Putih Situbondo. Jumat (9/12).

Kadislambair Koarmada II Kolonel Laut (T) Yudha Pia R., M.Tr.Hanla., selaku Papelat mengatakan latihan ini bertujuan untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan prajurit Penyelam TNI AL dengan menyelam di kedalaman lebih dari 140 feet (42 meter) menggunakan media pernafasan udara campuran (mixgas).

Penyelaman Mixgas (Heliox) adalah salah satu teknik penyelaman dalam (lebih dari 100 feet) untuk meningkatkan keamanan, dikarenakan tidak adanya resiko keracunan nitrogen dan oksigen yang membahayakan penyelam pada saat melaksanakan operasi atau kerja penyelaman dengan menggunakan jenis alat penyelaman dalam (Deep Dive) MK-SSBA (Surface Supplied Breathing Apparatus).

Adapun materi yang dilaksanakan diantaranya penyelaman di kedalaman 150 feet (44 meter), melaksanakan underwater cutting dan welding, underwater search and recovery menggunakan side scan sonar, pengangkatan objek tenggelam menggunakan air lifting bag, serta penanganan kedaruratan penyelaman.

Latihan Penyelaman Mixgas merupakan perintah Pangkoarmada II Laksda TNI T.S.N.B. Hutabarat, yang merupakan implementasi dari program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dalam membangun SDM TNI AL yang unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman.

(Pen/2).

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments