Pangkoarmada RI Turut Melepas Ekspedisi Jala Citra 3 ke Laut Flores.

Pangkoarmada RI Turut Melepas Ekspedisi Jala Citra 3 ke Laut Flores.

TNI AL

PK.Jakarta, 29 Maret 2023,- Panglima Komando Armada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) Laksamana Madya TNI Heru Kusmanto menghadiri dan turut melepas KRI Spica-934 dalam rangka Ekspedisi Jala Citra 3 ke Laut Flores. Upacara pemberangkatan tersebut dipimpin Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat di Tanjung Priok, Rabu (29/3).

Ekspedisi yang rencananya memakan waktu kurang lebih 60 hari, menggunakan KRI Spica-934 yang diikuti 85 personel, di antaranya dari Pushidrosal, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), dan beberapa lembaga lainnya.

Ekspedisi Jala Citra 3 Laut Flores membawa beberapa misi, yaitu melengkapi data kelautan. Misal, Pushidrosal dan sejumlah peneliti mencoba menguak bagaimana kehidupan bawah laut wilayah timur, khususnya laut dalam.

Ekspedisi Jala Citra 3 ini nantinya dibagi dalam lima etape, pada etape 1 dan 3 akan menitikberatkan pada penelitian oseanografi, sementara itu etape 2 dan 4 di fokuskan di bidang hidrografi, meteorologi, geologi dan geofisika serta pertahanan dan keamanan. Selanjutnya pada etape 5 dipulau Satonda akan memfokuskan pada aspek geososial.

Turut hadir dan melepas selain Pangkoarmada RI, antara lain yaitu Plt Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi (Kemenko Marves) Mochammad Firman Hidayat dan Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments