KKB Tak Kunjung Bebaskan Kapten Philip, Susi Marah Besar saat Telepon Tokoh Papua

KKB Tak Kunjung Bebaskan Kapten Philip, Susi Marah Besar saat Telepon Tokoh Papua

Polhukam

PK.Papua,.—- Bos maskapai Susi Air Susi Pudjiastuti melampiaskan kemarahannya saat berkomunikasi lewat telepon dengan pendeta Karel Phil Erari soal penyanderaan pilotnya, Philip Mehrtens oleh kelompok bersenjata atau KKB di Papua.

Melansir dari cnnindonesia.com, Susi marah karena KKB malah menembaki pasukan TNI hingga tewas di tengah upaya negosiasi damai.

Dalam rekaman tersebut, mulanya pendeta Phil meminta Susi agar menyampaikan pesan ke Presiden Joko Widodo agar menarik semua pasukan non-organik di Papua.

“Saya minta pimpinan gereja di pedalaman harus bertindak, saya akan dampingi mereka, bicara dengan Egianus Kogoya (pimpinan KKB) agar teman-teman di sana harus bebaskan Philip Mehrtens,” kata Karel, Sabtu (06/05).

Susi lantas menjawab pernyataan Karel ini. Ia heran karena di satu sisi TNI diminta untuk ditarik. Padahal TNI yang ditembaki KKB itu adalah pasukan pengevakuasi bukan pasukan penyerang.

“Kemarin TNI yang datang itu nunggu untuk mengevakuasi bukan untuk menyerang KKB. Jadi tim Kopassus bukan untuk menyerang KKB, [namun] untuk mengevakuasi kalau tim sudah jadi negosiasi,” kata Susi

“Kenapa mereka tembaki pasukan yang mau evakuasi? Saya marah, Pak Phil,” kata Susi dalam rekaman percakapan yang diterima.

Susi mengatakan selama ini dirinya tak pernah berbuat jahat kepada masyarakat Papua. Justru ia banyak membantu warga mulai dari memberikan makanan, obat-obatan, hingga akses pendidikan. Susi Air merupakan maskapai yang melayani penerbangan perintis di wilayah ujung timur Indonesia itu.

“Sudah hampir 20 tahun terbang di Papua, saya bantu masyarakat. Tolong tanya di distrik Mamit saya kasih obat-obatan, tangan saya cuci luka orang-orang, anak anak Papua. Saya marah,” ujarnya.

“Kalau Pak Bishop tanya saya, saya mau apa? Kalau saya suruh menyelamatkan pilot saya sendiri, saya akan minta bom sama TNI. Saya bom semua sendiri,” katanya.

Belum diketahui siap Bishop yang dimaksud Susi.

Menanggapi kemarahan Susi, Phil menyatakan pihaknya sudah menyusun rencana untuk melakukan pertemuan dengan perwakilan KKB. Ia akan meminta KKB membebaskan Mehrtens dalam kondisi selamat.

Tokoh Gereja Papua ini juga mengaku marah dan malu karena ulah KKB yang menewaskan anggota TNI. Ia turut berduka kepada anggota keluarga prajurit TNI yang meninggal dunia dalam misi penyelamatan Mehrtens.

“Jadi kita sekarang lagi atur strategi untuk ada pertemuan antara pendeta dengan anak-anak warga jemaat yang sekarang pegang senjata,” kata Phil.

Phil juga menyampaikan setelah pertemuan itu dia akan terbang ke Jakarta menemui Susi untuk menyampaikan hasil pertemuan.

Tak cuma itu, Phil juga menawarkan bantuan untuk mengganti pesawat Susi yang dibakar KKB dalam insiden penyanderaan Mehrtens.

“Ada grant yang diberikan kepada saya, jadi saya bisa bantu Ibu Susi untuk kita belikan pesawat baru kalau semua sudah oke. Ketika sudah oke semua, betul-betul Philip Mehrtens dibebaskan, kita cari pesawat baru,” ujarnya. (cnn)

Editor : Agung Setiadi

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments