Prioritaskan Pembangunan SDM, TNI AL Resmikan Satuan Pendidikan di Manado

Prioritaskan Pembangunan SDM, TNI AL Resmikan Satuan Pendidikan di Manado

TNI AL

PK.Jalesveva Jayamahe.Manado, 13 Desember 2023 —- Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi salah satu prioritas utama TNI Angkatan Laut (TNI AL), sehingga organisasi TNI AL diawaki oleh pengawak yang profesional, unggul dan handal. Untuk merealisasikan hal tersebut, TNI AL kembali meresmikan Sarana dan Prasarana Satuan Pendidikan (Satdik) 4 Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal), di Likupang, Manado, Sulawesi Utara, Selasa, (12/12).

Peresmian ini dipimpin oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali yang didampingi oleh Ketua Umum Jalasenastri, Ny. Fera Muhammad Ali. Dalam prosesi peresmiannya, Kasal menandatangani prasasti dan penekanan tombol peresmian, sedangkan Ketua Umum Jalasenastri secara simbolis melaksanakan pengguntingan pita di Markas Komando (Mako) Satdik 4, yang menandakan fasilitas tersebut siap dioperasionalkan.

Satdik 4 Kodiklatal merupakan salah satu sarana pendidikan jajaran TNI AL yang berada di bawah Kodiklatal, guna membentuk prajurit TNI AL pada level Bintara dan Tamtama. Dengan diresmikannya fasilitas ini, TNI AL resmi memiliki 4 Satuan Pendidikan di luar Pulau Jawa, yaitu Satdik 1 Kodiklatal di Kabupaten Bintan Kepulauan Riau, Satdik 2 Kodiklatal di Makassar Sulawesi Selatan, Satdik 3 Kodiklatal di Sorong Papua Barat Daya, dan Satdik 4 Kodiklatal di Likupang Manado Sulawesi Utara.

Dalam kesempatan tersebut, Kasal menyampaikan bahwa keberhasilan proses pendidikan ditentukan dari kualitas pendidikan dan didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai, sehingga proses pendidikan prajurit dapat terlaksana dengan baik.

“Keberadaan Satdik 4 Kodiklatal ini diharapkan memberi kesempatan seluas-luasnya kepada putra-putri terbaik seluruh Nusantara untuk menjadi prajurit TNI AL”, ujar Kasal

“Harapannya melalui satuan pendidikan akan ini akan mencetak lulusan prajurit yang memiliki kemampuan yang handal untuk mengawaki organisasi maupun mengoperasikan alutsista secara profesional”, tambah Kasal.

Sarana Pendidikan Prajurit TNI AL di wilayah Sulawesi Utara ini, dibangun di atas lahan seluas 160.940 M2 berlokasi di Desa Pinenek, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulut. Pembangunan Satdik ini dimulai pada pertengahan tahun 2022 hingga akhir tahun 2023.

Satdik tersebut dilengkapi berbagai sarana seperti Markas Komando, Barak Bintara, Barak Tamtama, Barak Bintara Kowal, Kelas Bintara, Kelas Tamtama, Dapur, Mess Bingsis/Pelatih, Gudang Senjata dan Amunisi, Lapangan Samapta, Sarana dan Prasarana Lingkungan, Instalasi Listrik dan Air, Kelengkapan Furniture, Kelas untuk belajar, Pos Jaga, hingga kendaraan operasional guna menunjang proses pendidikan bagi prajurit.

Dalam peresmian ini, Kasal beserta para petinggi TNI AL juga meninjau secara langsung berbagai fasilitas yang ada di Satdik 4 Kodiklatal. Selain itu juga dilaksanakan penandatanganan Berita Acara oleh Komandan Kodiklatal, Letnan Jenderal TNI Marinir Nur Alamsyah dan Kadis Faslanal, Laksamana Pertama TNI Eko Sunarjanto, sebagai tanda telah rampungnya proses pembangunan yang kemudian diserahkan kepada jajaran Kodiklatal.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments