TNI AL Dan Vietnam People’s Navy (VPN) Gelar NTNT ke-7, Ini Dia yang Dibahas

TNI AL Dan Vietnam People’s Navy (VPN) Gelar NTNT ke-7, Ini Dia yang Dibahas

TNI AL

PK.Jalesveva Jayamahe,Jakarta, 7 Desember 2023,—— Perluas hubungan bilateral antar negara sahabat, TNI Angkatan Laut (TNI AL) bersama Vietnam People’s Navy (VPN) mengadakan pertemuan dan diskusi The 7th Navy To Navy Talks (NTNT) 2023 di Hotel Fairmont Senayan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (07/12).

Kegiatan tahunan ini dipimpin oleh Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut (Asops Kasal) Laksamana Muda TNI Denih Hendrata, sedangkan dari Delegasi VPN dipimpin oleh RADM Nguyen Viet Khanh, Deputy Chief Of Naval Staff, Director Of Naval Intelligent, Deputy Director Of Naval Foreign Relations Division serta didampingi atase pertahanan Vietnam di Jakarta beserta 3 Staf VPN.

Hubungan kerja sama antara TNI AL dengan VPN selama ini telah berlangsung dengan baik serta terwadahi dalam forum Navy To Navy Talks (NTNT) yang sudah berlangsung sejak tahun 2013 hingga saat ini.

Forum NTNT antara TNI AL dan VPN sendiri telah dilaksanakan sebanyak enam kali dan terakhir kali dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2021 secara Teleconference.

Dalam amanatnya Asops Kasal menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya serta ucapan terima kasih atas partisipasi VPN dimana salah satunya adalah selama latihan di event berskala Internasional Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) Ke-4 di Makasar pada bulan Juni 2023 lalu.

Berbagai agenda pembahasan dilakukan dalam pelaksanaan 7th NTNT 2023 TNI AL – VPN diantaranya yaitu Diskusi Strategic Overview di wilayah perairan masing-masing negara, review dan evaluasi kegiatan kerja sama yang telah dilaksanakan, serta pembahasan kerja sama di bidang operasi, latihan, pendidikan maupun pelatihan, serta kursus dan pendidikan lainnya seperti kursus Hidrografi dan Sesko Angkatan Laut (Seskoal).

Dimana sebelumnya telah dilaksanakan Culture Visit dan Executive Program serta Official Dinner yang diikuti oleh para peserta The 7th NTNT 2023 di Jakarta.

Kegiatan bertaraf internasional ini menindaklanjuti dari program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali terutama dalam peningkatan kesiapan operasional guna membentuk hasil kinerja TNI AL yang “Jalesveva Jayamahe”.

Dispenal/mpk

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments