Antisipasi Bencana, Babinsa Kodim Polman Bersama Warga Lakukan Gotong Royong Bersihkan Saluran Drainase

Antisipasi Bencana, Babinsa Kodim Polman Bersama Warga Lakukan Gotong Royong Bersihkan Saluran Drainase

TNI AD

Polman, Anggota TNI dari Koramil 1402-04/Tinambung lakukan kerja bakti pembersihan saluran drainase untuk mencegah banjir dan penyebaran wabah penyakit.

Kerja bakti yang diprakarsai oleh Babinsa tersebut digelar di Desa Lekopaddis, Kecamatan Tinambung, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Rabu (03/4/2024).

Danramil 1402-04/Tinambung, Lettu Kav Sahabuddin menyebut bahwa Kegiatan kerja bakti pembersihan saluran drainase yang melibatkan Babinsa dan warga sangat penting untuk mengantisipasi banjir dan penyakit terkait lingkungan.

“Dengan membersihkan saluran drainase secara berkala, potensi banjir akibat tersumbatnya saluran dapat diminimalisir,” Ungkapnya.

Selain itu, dikatakan Lettu Sahabuddin pembersihan ini juga membantu mengurangi genangan air yang menjadi sarang nyamuk dan penyakit-penyakit yang dapat ditularkan melalui air kotor.

“Kerja bakti semacam ini menunjukkan kolaborasi yang baik antara aparat kelurahan dan masyarakat dalam menjaga lingkungan dan kesehatan bersama,” Bebernya.

Tindakan ini membantu menjaga kebersihan lingkungan, memastikan aliran air yang lancar, serta mengurangi risiko terjadinya genangan air yang dapat menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk dan penyakit yang ditularkan melalui air seperti demam berdarah dan malaria.

Meskipun sedang berpuasa namun kebersihan lingkungan harus tetap terjaga agar terhindar dari berbagai bencana. Tandasnya. (Zik)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments