Pembinaan Teritorial Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 10 Kostrad Berhasil, Warga Serahkan Senjata Api Rakitan Secara Sukarela

Pembinaan Teritorial Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 10 Kostrad Berhasil, Warga Serahkan Senjata Api Rakitan Secara Sukarela

TNI AD

Jakarta. Kegiatan Pembinaan Teritorial (Binter) yang dilakukan oleh Pos Komando Utama (Kout) Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI – Malaysia Yonarmed 10/Bradjamusti di dusun dan kampung binaan terus membuahkan hasil yang positif. Mendekati akhir masa tugas, Pos Kout menerima penyerahan satu pucuk senjata api rakitan jenis lantak secara sukarela dari seorang warga berinisial S (54) di Desa Senanning, Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Minggu (12/05/2024).

Kapten Arm Prihandoko, Wadansatgas Pamtas RI – Malaysia Yonarmed 10/Bradjamusti, menjelaskan bahwa pihaknya senantiasa aktif dalam melaksanakan pembinaan teritorial. Kegiatan ini mencakup gotong royong membantu pembangunan infrastruktur desa, pendistribusian pakaian, dan pemberian layanan pengobatan medis secara rutin kepada masyarakat. Langkah-langkah ini telah berhasil menciptakan hubungan kekeluargaan dan kekerabatan yang baik serta pendekatan yang efektif kepada masyarakat setempat.

“Penyerahan senjata api rakitan jenis lantak ini secara sukarela merupakan bukti nyata kedekatan antara anggota Pos Kout Satgas dengan masyarakat perbatasan. Ini adalah hasil dari kegiatan pembinaan teritorial yang setiap hari kami gencarkan,” ujar Kapten Prihandoko.

Wadansatgas juga menekankan pentingnya komunikasi sosial yang baik dalam melaksanakan tugas di wilayah perbatasan. Selain kegiatan anjangsana dan komunikasi sosial, anggota Pos Kout Satgas juga memberikan pemahaman hukum mengenai aturan kepemilikan senjata api secara pribadi.

“Kami terus berusaha untuk menjalin komunikasi sosial yang baik dengan masyarakat dan memberikan edukasi mengenai hukum kepemilikan senjata api. Hal ini penting untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah perbatasan,” pungkas Kapten Prihandoko.

Penyerahan senjata api rakitan ini menandai keberhasilan upaya pembinaan teritorial yang dilakukan oleh Pos Kout Satgas Pamtas Yonarmed 10, sekaligus menjadi langkah penting dalam meningkatkan rasa aman dan kedekatan antara masyarakat dan aparat keamanan di perbatasan. (Penkostrad).

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments