PERINGATAN HARI PENDIDIKAN TNI AL, PEMBANGUNAN SUMBER DAYA MANUSIA PRIORITAS UTAMA.

PERINGATAN HARI PENDIDIKAN TNI AL, PEMBANGUNAN SUMBER DAYA MANUSIA PRIORITAS UTAMA.

TNI AL

PK.Jalesveva Jayamahe,Jakarta, 14 Mei 2024,—— Pembangunan Sumber Daya Manusia jadi salah satu prioritas utama, agar seluruh Alutsista dan organisasi TNI Angkatan Laut (TNI AL) dapat selalu diawaki oleh pengawak yang profesional, unggul, dan handal.

Hal tersebut ditegaskan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali dalam amanat tertulis yang dibacakan oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Erwin S. Aldedharma, saat pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Pendidikan TNI AL Ke-78 tahun 2024, di Kodiklatal, Surabya, Selasa (14/05).

“Oleh karenanya proses penyiapan personel TNI AL mulai dari rekrutmen, pendidikan, serta pelatihan menjadi pondasi utama pembangunan TNI AL menuju Jalesveva Jayamahe”. Tegas Kasal dalam amanat yang dibacakan Laksamana Madya TNI Erwin S. Aldedharma.

Hardikal diperingati setiap tanggal 12 Mei dan tahun ini mengangkat tema, “Lembaga Pendidikan TNI AL Mencetak Prajurit Jalasena Yang Berkarakter, Berintegritas, Profesional dan Modern Dalam Rangka Mewujudkan TNI AL Yang Handal dan Disegani”.

Selain diisi dengan parade upacara militer, peringatan Hardikal Ke-78 kali ini dimeriahkan dengan penampilan Kolone Senapan kolaborasi dengan Rampak Bedug, Jalaraga Kalestenik, Genderang Suling (GS) Gita Jala Taruna AAL kolaborasi Colour Guard, Fly Pass dan Boom Burst Pesawat Bonanza serta Defile Pasukan.

Dalam rangkaian peringatan Hardikal 2024 yang di gelar empat Lembaga Pendidikan TNI AL yakni Kodiklatal, Seskoal, AAL dan STTAL juga telah melaksanakan berbagai kegiatan seperti, Launching dan Bakti Sosial di Bromo, Donor Darah, Fun Bike, Fun Run, Lomba Menembak, Air Soft Gun, Seminar Nasional, Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), Rekor Muri Lomba Mewarnai, Ziarah dan Tabur Bunga ke TMP 10 Nopember Mayjen Sungkono Surabaya, dan Longmarch menempuh jarak 78 Km dengan menggunakan perlengkapan tempur serta Lomba Panahan Kasal Cup.

Setelah 78 tahun berlalu, wajah pendidikan TNI AL telah menunjukkan banyak kemajuan dalam mencetak prajurit matra laut yang memiliki moral luhur, profesional dan berani. Untuk lebih meningkatkan kualitas siswa didiknya, TNI AL kini telah memiliki empat Komando Utama (Kotama) fungsional pendidikan, yaitu tiga berlokasi di Bumimoro, Surabaya dan satu Kotama berlokasi di Cipulir, Jakarta. Ketiga Kotama yang berlokasi di Bumimoro tersebut antara lain, Kodiklatal, AAL, dan STTAL, serta satu Kotama di Cipulir Jakarta yaitu Seskoal.

Dispenal

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments