Wakili Petani Indonesia, Mentan RI Ucapkan Terima Kasih Kepada “Bapak Pangan”

Wakili Petani Indonesia, Mentan RI Ucapkan Terima Kasih Kepada “Bapak Pangan”

TNI AD

PK.BEKASI,  – Menteri Pertanian Republik Indonesia (Mentan RI) Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P. mewakili seluruh petani di Indonesia, mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. yang disebutnya sebagai “Bapak Pangan”.

Hal tersebut disampaikan Mentan RI pada kegiatan Panen Raya Komoditas Bawang Merah, di lahan pertanian terpadu Korem 051/Wijayakarta, Desa Wanajaya, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, Selasa (11/6/2024).

Julukan “Bapak Pangan” disematkan Mentan kepada Kasad sebagai apresiasinya terhadap kinerja TNI AD yang dipimpin oleh Kasad, yang tak henti-hentinya menggaungkan dan mengimplementasikan program Ketahanan Pangan Nasional kepada seluruh satuan jajaran TNI AD di seluruh pelosok negeri. TNI AD juga selama ini selalu menjadi garda terdepan dalam pemanfaatan lahan kosong untuk pengembangan sektor pertanian, dalam konteks ini komoditas bawang merah.

“Ini luar biasa, gerakan yang masif di seluruh Indonesia. Kami mengerti Bapak Kasad ini ahli di bidang pengairan. Pangan (juga) sekarang sudah ekspansi di komoditas bawang. Mewakili pemerintah dan petani Indonesia, kami ucapkan terima kasih,” puji Mentan RI.

Merespon hal tersebut, Kasad mengatakan bahwa program penanaman bawang ini merupakan program lama yang mendapat dukungan dari pemerintah, sehingga proses dari pembukaan lahan dan penanamannya dapat terlaksana secara tersebar di seluruh Indonesia.

“Ke depan selanjutnya, bagaimana petani yang biasanya cuma panen sekali, dari Pak Menteri disupport (agar) kami yang mengerjakan. Supaya ada pompanisasi, kemudian optimalisasi lahan. Jadi diupayakan bisa tiga kali panen, minimal,” terang Kasad.

Kegiatan Panen Raya Komoditas Bawang Merah secara serentak, diawali dengan paparan Danrem 051/Wkt Brigjen TNI Riyanto, S.I.P., dilanjutkan dengan peninjauan ke lahan pertanian dan peternakan. Selanjutnya Mentan RI didampingi Kasad dan para undangan, serta pejabat utama Kementan RI dan TNI AD melaksanakan aksi panen bawang merah secara terpusat.

Sebagai informasi, luas lahan tanaman bawang mencapai 13 hektare, dan lahan yang dipanen adalah seluas 4,5 hektare secara bertahap. Bersamaan dengan ini, panen bawang merah dan cabai juga dilakukan secara serentak oleh 27 satuan jajaran Kodam Jaya/Jayakarta, dengan luas total lahan yang dipanen mencapai 66,9263 hektare.

Selain meninjau lahan dan panen komoditas bawang merah, rombongan juga meninjau lokasi UMKM masyarakat yang dikelola oleh Korem 051/Wkt, serta memberikan bantuan berupa bingkisan sembako, dan pupuk, kepada anggota kelompok tani di Desa Wanajaya. *(Dispenad)*

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments