KASAL : TNI AL TERUS DUKUNG PROGRAM PEMERINTAH DALAM MEWUJUDKAN KETAHANAN PANGAN NASIONAL

KASAL : TNI AL TERUS DUKUNG PROGRAM PEMERINTAH DALAM MEWUJUDKAN KETAHANAN PANGAN NASIONAL

TNI AL

PK.Jalesveva Jayamahe,Jakarta, 11 Juli 2024,—— “Sebagai prajurit Jalasena, TNI AL tidak hanya bertanggung jawab menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah maritim Indonesia, melainkan juga mengembangkan daerah wilayah pertahanan laut yang meliputi aspek geografi, demografi, kondisi sosial maupun sumber daya nasional. Untuk itu, TNI AL terus mendukung program pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional melalui pengembangan potensi maritim yang kita miliki”.

Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali dalam amanatnya yang dibacakan Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Erwin S. Aldhedarma saat melaksanakan peninjauan Panen Raya TNI AL yang bertemakan “TNI Angkatan Laut Melaksanakan Ketahanan Pangan Masyarakat Pesisir Untuk Mewujudkan Indonesia Maju Yang Berdaulat, Mandiri Dan Berkepribadian” di Lampung, Rabu (10/07).

Kegiatan diawali kedatangan Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman didampingi Wakasal dan Waketum Jalasenastri Ny. Ketty Erwin S. Aldedharma meninjau berbagai ketahanan pangan yang dimiliki TNI AL di Lampung seperti green house Magot dan Melon Inthanon, menebar benih ikan dan melaksanakan panen ikan bawal bintang di Keramba Jaring Apung milik TNI AL.

Kegiatan berlanjut menuju Mako Lanal Lampung untuk melaksanakan tour facility dan bersama-sama melaksanakan panen raya jagung dan padi berjenis INPRIDA Padi Irigasi (INPARI-32) dan jenis Situbagendit. Kemudian kegiatan dilanjutkan melaksanakan tanam padi secara simbolis.

Seusai tanam padi, acara dilanjutkan dengan peresmian Masjid AL-Hafidzhan di kompleks Mako Lanal Lampung. Dan pada acara puncak, Mentan meninjau makan bergizi gratis yang diikuti ratusan siswa pelajar. Setelahnya, para undangan dan pelajar bersama-sama menyaksikan aksi terjun payung yang dilakukan oleh Prajurit TNI AL.

Pada kegiatan puncak yang juga
dihadiri oleh Ketua Komisi 4 DPR RI Bapak Sudin S.E dan PJ. Gubernur Lampung, Dr. Drs. Syamsudin, dilaksanakan pemberian sembako & perlengkapan alat sekolah kepada masyarakat dan acara simbolis pemberian bantuan ketahanan pangan oleh Menteri Pertanian, serta mobil ambulance dari PJ Gubernur Lampung kepada Wakasal. Kegiatan diakhiri dengan vicon dengan satkowil jajaran TNI AL.

Lahan ketahanan pangan milik TNI AL yang dikelola Lanal Lampung dan Brigif 4 Marinir berjumlah 1.182 hektar terdiri dari lahan jagung 42 hektar, lahan padi 250 hektar, lahan holtikultura 3 hektar, dan lahan perkebunan pisang, alpokat dan kelapa 262 hektar. TNI AL bersinergi dengan Kementerian Pertanian berusaha menyukseskan program pemerintah guna menjamin ketersediaan pangan dengan mengaktifkan lahan tidur menjadi lahan produktif serta memberdayakan masyarakat sekitar guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan peningkatan persediaan pangan.

Dalam rangkaian panen raya ini, juga diselenggarakan berbagai kegiatan Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan seperti pengobatan umum, gigi,donor darah,khitan massal dan penyuluhan stunting anak kepada masyarakat sekitar dengan melibatkan tenaga medis gabungan yang melibatkan TNI-Polri, Dinas Kesehatan (Dinkes) dan PMI Provinsi Lampung.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments