400 Siswa Diktukbakat Ikuti Outbond di Puslatdiksarmil

TNI AL

Kodiklatal, (28/2).Dalam rangka meningkatkan kekompakan, kebersamaan dan kerjasama, sebanyak 400 siswa Pendidikan Pembentukan Bintara Singkat (Diktukbakat) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) mengikuti program outbond di Puslatdiksarmil, Juanda, Sidoarjo.

Kegiatan yang berlangsung dalam satu hari itu, merupakan program terbaru dari TNI AL dengan mendapat supervisi dari Dinas Psikologi Angkatan Laut (Dispsial). Bentuk kegiatan tersebut berupa pembelajaran yang dilakukan di alam terbuka dengan bentuk permainan yang efektif, yang menggabungkan antara intelegensia, fisik dan mental.

Menurut Letkol Laut (KH) Marjito selaku penanggung jawab pelaksanaan outbond ini, kegiatan outbond dilaksanakan bagi prajurit yang mengikuti pendidikan di Kodiklatal. Selama ini, outbond dilaksanakan oleh Pasis Diklapa. Namun, sekarang berbagai prodi melaksanakan outbond, termasuk di Puslatdiksarmil ini.

Bagi siswa Diktukbakat yang mayoritas berpangkat Kopka, kegiatan ini perlu dilaksanakan untuk me-refresh kembali semangat mereka setelah bertahun-tahun melaksanakan penugasan.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan kerjasama, solid, sinergi, kepemimpinan, meningkatkan daya focus dan daya cipta, serta meningkatkan rasa percaya diri siswa Dikukbakat,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan outbond sangat bermanfaat untuk menjalin silaturahmi, melepas kejenuhan, serta menambah pengetahuan melalui berbagai permainannya.