60 Tamu Saka Wira Kartika Binaan Koramil Kota Cilacap Dimantapkan Wasbang

TNI AD

Cilacap – Tamu Saka Wira Kartika binaan Koramil Kota Cilacap, mendapat pembekalan tentang materi wawasan Kebangsaan, oleh kakak kakak dari Koramil Kota Cilacap. Pembekalan dan Pelatihan dipusatkan di lapangan Asrama Kodim 0703/Cilacap, Jl. Sutomo, Rt. 007 / Rw. 009 Kelurahan Sidakaya, Kecamatan Cilacap Selatan, Jumat (01/02) malam.

Serka Ali Nurhadi yang ditunjuk oleh Koramil 01/Kota Cilacap sebagai Pamong Saka dan penyaji materi pada kegiatan ini dan juga dibantu oleh rekan pembina yang lain.

Ia mengatakan, bahwa Pancasila harus dipahami sejak dini, karena untuk menanamkan ideologi kebangsaan yang kuat dan rasa cinta tanah air serta mengetahui dasar negara indonesia yaitu pancasila.

“Para pemuda merupakan jenjang pendidikan menengah yang memiliki posisi strategis dalam membentuk dasar-dasar mental dan perilaku generasi muda bangsa, tentunya sangat penting diberikan bekal wawasan kebangsaan untuk memahami ideologi Pancasila dan Undang – undang Dasar 1945.” Terangnya.

“Ia berharap setiap materi yang diberikan kepada anggota Saka Wira Kartika binaan Koramil Kota Cilacap dapat dijadikan bekal di masa yang akan datang serta dapat membentuk karakter generasi muda yang berjiwa patriotik dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa,” pungkas Serka Ali Nurhadi.

Untuk diketahui Satuan Karya Pramuka yang dibentuk atas kerjasama antara Kwartir Nasional dengan TNI Angkatan Darat. Saka Wira Kartika bertujuan menumbuhkan dan membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa, serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dalam wadah ini, para pemuda ditempa rasa kecintaannya kepada tanah air, semangat rela berkorban dan kesadaran Bela Negara, TNI AD juga akan membekali para pemuda dengan pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat. Acara tersebut diakhiri dengan penyalaan api unggun dan hiburan yang disajikan oleh adik – adik Saka Wira Kartika.

[Sutaryo)