Airbus A320 City Link, Resmi Route Halim Ke Yogyakarta International Airport.

Nasional

PK,.Yogya Barat. Senin (06/05/19) telah berlangsung ceremonial penyambutan penumpang keberangkatan dan kedatangan route penerbangan Maskapai City Link Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta – Bandara Yogyakarta Internasional, Kulon Progo Yogyakarta.

Kurang lebih pukul 12.20 Wib di Bandara YIA Kulon Progo pesawat City Link dengan Flight Number QG 132 yang mengangkut sejumlah 96 penumpang dari Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta landing dengan selamat, selanjutnya disambut dengan ceremonial Water Salute oleh 2 mobil pemadam kebakaran Bandara YIA.

Agus Pandu Purnama selaku GM Bandara Adisucipto PT Angkasa Pura I menyampaikan beberapa keterangan diantaranya,”Pesawat komersial Citilink dan berpenumpang dari Bandara Halim Perdana Kusuma mendarat perdana dengan mulus di Bandara Internasional Yogyakarta, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, pukul 12.40 WIB berangkat dari Bandara Halim Perdana Kusuma sekitar 11.40 WIB dengan membawa penumpang 96 orang. Selanjutnya pesawat Citilink kembali berangkat dari Bandara Internasional Yogyakarta tujuan Bandara Halim Perdana Kusuma pada 13.10 WIB dengan membawa penumpang sekitar 52 orang.” jelas GM Bandara Adisucipto AP 1 ini.

Semenjak dimulainya operasional Bandara YIA, pesawat Citilink secara resmi pindah rute awal penerbangan dari Bandara Halim Perdana Kusuma (HLP) ke Bandara Adisitjipto Yogyakarta (JOG) pindah rute dari Bandara Halim Perdana Kusuma (HLP) ke Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) tiba pada pukul 12.40 Wib dan berangkat kembali pada pukul 13.10 Wib, atau untuk sementara waktu 1 (satu) kali penerbangan dalam setiap harinya.

Kebijakan terbaru, AP I pusat akan memindahkan penerbangan domestik dari Bandara Adisitjipto Yogyakarta (JOG) ke Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) untuk menghindari over kapasitas, dimana kapasitas Bandara Adisitjipto Yogyakarta (JOG) hanya 1,4 juta per tahun, sekarang sudah mencapai 8,4 juta penumpang per tahun.

Pada tanggal 10 Mei nanti, ada maskapai tambahan yang akan beroperasi di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), yakni Batik Air dengan tujuan Samarinda dan Denpasar (Bali). Adapun rute Batik Air, yakni Samarinda-Bali-YIA balik lagi YIA-Bali-Samarinda, sedangkan Lion Air dan Air Asia dalan proses perijinan.

Sebagai upaya promosi kepada maskapai dari PT Angkasa Pura I memberikan promosi dengan membebaskan Landing Fee selama dua (2) bulan kepada maskapai yang mendarat di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), dengan harapan juga maskapai memberikan promosi berupa diskon tiket yang lewat Bandara Internasional Yogyakarta supaya ini baru beroperasi dan menarik penumpang.

Terkait moda transportasi pendukung ke bandara telah disiapkan beberapa mode transportasi antara lain Kereta Api, Damri, Taksi, hingga suttle bus. Selain itu dari PT Angkasa Pura memberikan subsidi kepada Damri untuk melayani penumpang yang akan balik dan menuju Bandara Internasional Yogyakarta.

Sekira pukul 13.00 Wib dilaksanakan upacara ceremonial pemberangkatan sejumlah 52 orang penumpang pesawat City Link dengan nomor penerbangan QG 133 tujuan Halim Perdana Kusuma Jakarta yang dipimpin oleh Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Angkasa Pura I Pusat Sdr Devy Suradji.

Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Angkasa Pura I Pusat Sdr Devy Suradji menyampaikan sebagai berikut :
Bahwa operasional maskapai City Link pada hari ini merupakan penerbangan dengan penumpang komersial perdana route HLP – YIA dengan manifest penumpang yang landing dari Jakarta sejumlah 96 sedangkan yang akan berangkat dari YIA siang hari ini sejumlah 52 orang.

Berkaitan dengan maskapai Batik Air, Lion Air dan Air Asia masih menunggu kepastian lanjut, akan tetapi paling cepat tanggal 10 Mei akan beroperasional route Samarinda dan Denpasar (Bali). Untuk Penerbangan Internasional masih dalam proses perijinan yang membutuhkan waktu lk 8 Minggu namun pada prinsipnya dari Bandara YIA telah ready melayani penerbangan Internasional.
Dengan telah beroperasinya YIA seluruh Ekstra Flight pada mudik Lebaran tahun 2019 tidak akan memanfatkan slot Adi Sucipto sehingga akan ada 32 penerbangan yang dilayani Bandara YIA. (NSR/bang natsir).