Apel Danramil Dan Babinsa Tahun 2018 Kodim 0731/Kulon Progo

TNI AD

PK. Yogya Barat. Selama tiga hari yaitu tanggal (10-12) Desember 2018, Para Danramil dan Babinsa Kodim 0731/Kulon Progo, melaksanakan Apel Danramil Dan Babinsa Tahun 2018, bertempat di Aula Makodim. Tema yang diambil adalah “Profesionalisme Danramil dan Babinsa Untuk Rakyat”.

Apel Danramil dan Babinsa Kodim 0731/Kulon Progo Tahun 2018, dibuka oleh Letkol Inf Dodit Susanto, A.Md., (Dandim) dan dilanjutkan dengan pemberian Materi dari BPBD Kulon Progo, Pembinaan Satuan Setingkat Koramil oleh Pasi Pers, Kemampuan Menjaga dan Mencegah Pelanggaran Hukum oleh Pasi Intel dan Sikap Teritorial oleh Danramil 01/Wates.

Apel Danramil dan Babinsa Kodim 0731/Kulon Progo, dikunjungi oleh Kolonel Inf Zaelan (Kasiterrem 072/Pmk). Pada kunjungan ini Kasiterrem memberikan pengarahan sekaligus melihat secara langsung pelaksanaan kegiatan. Kasiterrem menegaskan bahwa Tugas Babinsa saat ini yang harus dilakukan adalah Mendata Radikal Kiri PKI, Mendata Warga Asing dan Mendata Radikalisme.

“Ilmu Babinsa adalah ilmu lapangan, maka dari itu Babinsa jangan minder dihadapkan dengan tugas dilapangan bersama masyarakat. Berkaitan dengan Radikalisme harus segera dilaporkan apabila ada diwilayah masing-masing, lapor cepat kepada Pasi Intel/Dandim” jelas Kasiterrem 072.

Untuk menindak lanjuti perkembangan situasi tahun Pemilu 2019 diwilayah masing-masing maka bila ada anak anak pendatang atau mahasiswa, agar didata, sehingga waktu Pemilu nanti tidak ada permasalahan tentang DPT.

Setelah mendapat arahan dari Kasiterrem, Danramil dan Babinsa menerima materi : Meningkatkan Kapasitas Kemampuan Babinsa dan Danramil dalam komunikasi dengan masyarakat dan menghadapi media masa oleh Dan Unit Intel. Metode Binter oleh Danramil 10/Panjatan. Upaya Kerjasama dengan Pemda, masyarakat setempat melaksanakan percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan rakyat oleh Danramil 03/Kokap. Tentang Degradasi Nasionalisme oleh Budi Hartono, S.Si., M.Si (Ka Kesbangpol Kulon Progo). Upaya Kerjasama dengan Pemda, masyarakat setempat melaksanakan percepatan pembangunan dan peningkatan Pangan oleh Muhammad Sugiri dari Staf Dinas Pertanian Swasembada Pangan Kulon progo.

Meningkatkan Kapasitas Kemampuan Babinsa dan Danramil dalam komunikasi dengan masyarakat dan menghadapi media masa oleh Letda Inf Nadiya (Dan Unit Intel Kodim Kulon Progo) dan Metode Binter oleh Kapten Inf Supardi (Danramil 10/Panjatan). (NSR – SWR/Warso).