Aspotmar Kasal Motivasi Dan Tanamkan Cinta Laut Kepada Peserta Jelajah Kapal Kepahlawanan

TNI AL
Makassar-Selasa (30/10/2018), Di hari Pertama Pelayaran, Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kepala Staf Angkatan laut (Kasal) Laksamana Muda (Laksda) TNI Edi Sucipto, S.E., M.M. memotivasi dan menanamkan cinta laut dengan ceramah  tentang Potensi Maritim Bangsa Indonesia kepada 400 pelajar peserta kegiatan Jelajah Kapal Kepahlawanan di KRI Makassar-590 yang sedang berlayar di perairan Pangkep  Senin malam 29 oktober 2018.
Aspotmar Kasal menjelaskan ke peserta yang sebagian besar adalah pelajar untuk lebih meningkatkan rasa cinta akan laut dengan menggali potensi maritim yang dimiliki bangsa Indonesia. “Melihat jati diri kita sebagai bangsa maritim, Indonesia sebenarnya adalah negara yang kaya. Kekayaan laut kita sangat besar,” katanya.
Kekayaan maritim Indonesia dianalogikan seperti gadis cantik, yang terus dirayu oleh orang lain. “Indonesia saking kayanya itu seperti gadis cantik, terus dirayu oleh orang lain. Nah sebelum direbut orang lain, kita harus ambil terlebih dahulu”, ujarnya.
“Founding father kita, Bapak Soekarno pernah mengatakan, kekayaan Indonesia suatu saat akan membuat iri bangsa lain. Ini yang harus pahami betul dan terus jaga bersama,” sambung perwira tinggi bintang dua  TNI AL ini.
Selanjutnya, Aspotmar Kasal menitipkan pesan kepada pemuda dan pemudi sebagai pembawa perubahan, untuk membangun inklusivisme, yakni kesadaran bahwa setiap pemuda merupakan bagian tak terpisahkan dari proses pembangunan termasuk karakter bangsa.
“Kembangkan kreativitas dan inovasi dalam berbagai bidang yang dapat dimanfaatkan untuk mengelola potensi laut yang masih banyak, dan mantapkan pemahaman diri, keluarga dan masyarakat sekitar tentang jati diri bangsa dan sebagai bangsa maritim,” tutup Aspotmar Kasal.