Atasi Kurangnya Tenaga Guru, Satgas Pamtas Yonif 623/BWU Mengajar di Perbatasan

TNI AD

PK-JAKARTA – –Atasi kekurangan tenaga guru di perbatasan RI-Malaysia, personel Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 623/Bwu mengajar Siswa Sekolah Dasar di Desa Bukit Keramat yang mulai melaksanakan belajar mengajar siswa SD secara tatap muka dengan berpedoman pada protokol kesehatan.

Dalam keterangannya di Nunukan, Kamis (23/7/2020), Dansatgas Pamtas Yonif 623/BWU Letkol Inf Yordania, S.I.P., M.Si, mengatakan bahwa anggota Satgas sebelum berangkat tugas operasi sudah dibekali pengetahuan mengajar anak-anak Sekolah Dasar Negeri Sungai Limau.

Satgas Pamtas Yonif 623/BWU Pos Bukit Keramat tanya yang telah ditunjuk sebagai tenaga pendidik ikut membantu kekurangan guru untuk mengajarkan beberapa materi pelajaran kepada murid-murid SD di Dusun Berjoko, Desa Sungai Limau, Kecamatan Sebatik Tengah, Kabupaten Nunukan.

“Anggota kami di seluruh pos-pos mempunyai tenaga pendidik yang sudah dipersiapkan untuk membantu anak-anak perbatasan dalam belajar mengajar apabila sekolah kekurangan guru,” ujar Yordania.

Pandemi Covid-19 mengharuskan beberapa wilayah menerapkan belajar secara daring, namun dikarenakan akses internet di wilayah perbatasan seperti di Sebatik ini sangat terbatas, proses belajar mengajar (PBM) dilakukan secara tatap muka dengan berpedoman pada protokol kesehatan.

Sementara itu, Serda Abdul Hamid yang juga menjadi tenaga pengajar mengatakan, Sekolah Tapal Batas ini kekurangan tenaga pengajar sehingga personel Satgas Pamtas Yonif 623/BWU Pos Bukit Keramat ikut membantu setiap hari kecuali hari Minggu mengajar siswa di kelas 3 dan 4.

“Guru di sekolah ini hanya ada 4 orang ditambah Kepala Sekolah yang juga mengajar di kelas 6 sehingga sangat kekurangan tenaga pengajar. Mudah-mudahan kehadiran kami di sini dapat membantu adik-adik di sekolah ini dalam belajar,” ujar Serda Abdul Hamid.

Lebih jauh Serda Abdul Hamid menyampaikan bahwa siswa-siswa yang diajar oleh anggota Satgas Pamtas Yonif 623/BWU Pos Bukit Keramat sangat antusias dalam proses belajar mengajar walaupun masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Yonkav 1 Kostrad Latihan Menembak Ranpur MBT Leopard

“Kami merasa terbantu atas kehadiran dan sumbangsih anggota Satgas Pamtas Yonif 623/BWU Pos Bukit Keramat dalam mengajar siswa-siswa kami di Sekolah Tapal Batas ini dan anak-anak juga antusias dalam menerima pelajaran, “ tukas Suraidah Kepala Sekolah SDN Sungai Limau. (Dispenad)

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of