Babinsa 1202-05/Paloh Ajak Masyakat Tanam Pohon.

TNI AD

Sambas – Senin (22/04/2019), Babinsa, Bati Komsos dan Bati Tuud Koramil 1202-05/Paloh serta Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD)
melaksanakan kegiatan rawat bumi serentak sedunia, dengan menggelar penanaman bibit pohon yang dilaksanakan di Desa Sebubus, Kec. Paloh, Kab. Sambas pada hari Minggu kemarin.

Saat ini beberapa hutan yang ada di Kec. Paloh, tampak gersang dan meninggalkan bekas terbakar, tentunya ini harus menjadi perhatian semua pihak.

Babinsa Koramil 1202-05/Paloh, Serda Larasulu mengatakan, penanaman kali ini dilakukan dalam rangka penghijauan untuk melestarikan kembali kawasan yang sempat terbakar. Karena ada filosofi yang menyatakan kalau hutan lestari, masyarakat akan sejahtera.

Sebanyak 1800 bibit pohon yang ditanam di atas perkebunan masyarakat Kec. Paloh, penanaman pohon tersebut dengan bibit Kemedan 800 pohon, Cemara Gunung 750 pohon dan Jengkol 250 pohon. Penanaman ini juga merupakan antisipasi kembali terbakarnya hutan di wilayah tersebut, ujarnya.

Lanjutnya, sebagai wujud peran aktif Babinsa dalam setiap pelaksanaan tugasnya, melalui penghijauan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi keseimbangan alam. Menanam pohon sama juga dengan menghijaukan kembali alam, dengan demikian lingkungan akan menjadi sejuk, segar dan asri.

Dikatakan juga, tidak hanya itu saja, melainkan masih banyak lagi manfaat yang diperoleh. Moment ini dapat juga sebagai wahana mengajarkan kepada generasi muda untuk mencintai alam, dengan mencintai alam maka kehidupan akan nyaman. Menanam sama juga menabung untuk hari depan. Pohon yang sudah ditanam sekarang suatu saat nanti sudah besar dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bersama masyarakat,” tutup Babinsa 1202-05/Paloh. (Pendam XII/Tpr)