Babinsa Kodim 1402/Polmas Dibekali Ilmu Bercocok Tanam

TNI AD

PK,.Polman, – Babinsa Jajaran Kodim 1402/Polmas Lakukan praktek lapangan tentang budidaya tanaman palawija di demplot ketahanan pangan Kodim 1402/Polmas. Rabu (6/11/2019

Selaku Babinsa, Aparat teritorial yang menjadi ujung tombak satuan kewilayahan TNI AD yang kesehariannya berada di tengah masyarakat tentunya harus memiliki kemampuan yang bisa ditularkan ke warga binaanya. Ungkap Serka Zaenal Selaku mentor Tanaman palawija di Kodim 1402/Polmas.

Dikatakan Zaenal, Membantu percepatan pembangunan di Desa merupakan salah satu tugas kami sebagai prajurit teritorial dan kami tidak ingin hanya menjadi slogan belaka, Karenanya kami harus mempunyai kemampuan yang bisa membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Tentara tidak hanya berperang mengangkat senjata namun dimasa damai selaku aparat teritorial tentunya kami mempunya kewajiban membantu pemerintah untuk membina, membimbing dan mendukung percepatan pembangunan di Desa binaan,” Terang Zaenal.

Pelatihan bercocok tanam kata dia, Diharapkan Rekan-rekan Babinsa nantinya mampu memberikan pengetahuan tentang tata cara budidaya tanaman palawija khususnya Cabai, Tomat dan Terong kepada masyarakat binaan untuk menambah pemasukan masyarakat.

Ditanyai tentang ilmu bercocok tanam diakui zaenal semua Ia dapatkan secara otodidak melalui internet dan langsung diperaktekkan di lahan miliknya.

Selama 3 Tahun belajar dan praktek bukan berarti tidak pernah mendapat kendala dalam bercocok tanam namun diakuinya kendala itu merupakan tantangan baginya sehingga dirinya harus lebih banyak belajar dan terus mencoba.

Salah satu bukti dari lahan percontohan ketahanan pangan Kodim 1402/Polmas yang berada dilingkungan Markas Kodim 1402/Polmas.

“Lahan ini sebagai demplot atau percontohan bercocok tanam. Disinilah Babinsa belajar bersama-sama untuk ditularkan kepada warga binaanya,” Ungkapnya.

Laporan: Zik

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of