Banjir Paska Lebaran, Kodim Sampit Siagakan Bantuan

TNI AD

PK,.JAKARTA– Kodim 1015/Sampit siagakan bantuan sejumlah personel Koramil 1015-03/Kasongan dan Koramil 1015-19/Tewang Singgalang Garing, untuk pastikan kondisi warga terdampak banjir paska Lebaran di dua wilayah Kecamatan, di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah (Kalteng).

Hal tersebut disampaikan Komandan Kodim (Dandim) 1015/Spt Letkol Inf Sumarlin Marzuki, SE., dalam rilis tertulisnya, di Sampit, Kalteng, Senin (10/6/2019).

Diungkapkan Sumarlin, pada Minggu 9 Juni 2019 kemarin, sejumlah personel dari kedua Koramil jajaran Kodim Sampit melakukan pemantauan titik lokasi banjir yang terjadi di wilayah Kecamatan Katingan Hilir dan Kecamatan Tewang Singgalang Garing.

Hal ini dilakukan lantaran lima Desa yang ada di dua Kecamatan tersebut yaitu Desa Talian Kereng, Desa Banut Kalanaman, Desa Talangkah, Desa Kasongan dan Desa Tewang Kadamba, terdapak banjir pasca meluapnya air sungai Katingan.

“Akibat meluapnya sungai Kantingan, akses jalan dan rumah warga di lima Desa itu terendam banjir dengan ketinggian air rata-rata mencapai antara 30 cm – 60 cm,” katanya.

“Air sungai Katingan meluap karena lebatnya curah hujan yang turun dalam beberapa hari terakhir,” tambah Sumarlin.

Lebih lanjut, Iapun menyampaikan bahwa dirinya telah memberikan perintah kepada Plt. Danramil 1015-03/Ksn dan Danramil 1015-19/Tsg untuk melaksanakan patroli serta berkoordinasi dengan unsur Muspika dan BPBD Kab. Katingan untuk segera melakukan langkah-langkah preventif guna mengatasi masalah tersebut.

“Kita telah berkoordinasi dengan unsur Muspika untuk mendirikan Posko banjir, dan menyediakan tempat pengungsian bila sewaktu-waktu debit air bertambah,” ujar Dandim.

“Kita juga juga terus mengimbau kepada warga masyarakat yang terkena banjir supaya waspada dan mengamankan keluarga serta harta bendanya,” terang Dandim Letkol Inf Sumarlin.

Namun demikian, Sumarlin menuturkan bahwa banjir yang terjadi tidak sampai mengganggu aktivitas warga masyarakat setempat.

“Hingga kini masih belum ada yang diungsikan, tapi anggota kita yang sedang berada di dua wilayah Kecamatan tersebut tetap siaga melaksanakan patroli supaya tidak terjadi korban jiwa,” tandasnya.

Dengan adanya anggota Koramil yang disiagakan, kata Sumarlin, dapat memberikan ketenangan bagi warga masyarakat yang terdampak banjir. (Dispenad)

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of