Beri Bantuan Medis, Tim TNI AU Datangi Korban di Desa Santong

TNI AU

Lombok-Dispenau (14/8). Guna memberikan penanganan medis kepada para korban gempa, tim TNI AU Peduli Lombok bersama para relawan mendatangi secara langsung korban bencana alam gempa bumi di tenda pengungsian Desa Santong, Kecamatan Kayangan, Lombok Utara, Selasa (14/8/2018).

“Kegiatan ini dilaksanakan oleh tim kesehatan mobile yang tergabung dalam tim TNI AU Peduli Lombok yang ditugaskan di lokasi gempa”, ujar Mayor Kes dr. Agus Sukamto, Sp.PD., selaku Katim Kesehatan Mobile.

Ditambahkannya sebanyak 6 personel Tim Mobile TNI AU Peduli Lombok dan para relawan dari Walubi bergerak menuju lokasi dengan sasaran memberikan bantuan kesehatan di daerah yang sulit dijangkau, seperti Desa Santong yang berada di kaki gunung Rinjani dan berjarak 32 km dari Posko Utama TNI AU Peduli Lombok.

Lebih lanjut Katim menyampaikan dalam kegiatan ini Tim Mobile Kesehatan TNI AU  juga mendapatkan bantuan obat-obatan dari Stikes Komarul Huda Lombok Tengah untuk didistribusikan kepada warga korban gempa yang membutuhkan pengobatan di tenda-tenda pengungsian.

Dari hasil pemantauan dan pemeriksaan, didapati 65 warga yang mengalami keluhan dan gangguan kesehatan,  seperti  infeksi saluran pernapasan atas atau Ispa, kemudian luka-luka dan juga demam.

“Setelah diketahui keluhannya, tim segera melakukan penanganan medis yang diperlukan, kami juga  berharap warga dapat segera sembuh dan beraktivitas kembali,” pungkasnya.