Bhakti Sosial Donor Darah Kodim 0731 Kulon Progo, HUT TNI Ke 73 Dan HUT Kodam IV Ke 68.

TNI AD

Yogya Barat. Kodim 0731/Kulon Progo menyelenggarakan Kegiatan Bhakti Sosial (Bhaksos) Donor Darah, dalam rangkaian kegiatan menjelang Ulang Tahun TNI ke-73 dan HUT Kodam IV/Diponegoro ke-68 Tahun 2018, yang jatuh pada tanggal pada 5 Oktober 2018 mendatang. Kegiatan dilaksanakan Selasa (25/09/18), bertempat di Aula Makodim 0731/Kulon Progo.

Dandim 0731/Kulon Progo membuka kegiatan Bhaksos Donor Darah ini pada pukul 08.00 WIB. Dalam sambutannya, menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk berbagi dan bentuk bhakti kepada masyarakat. Dandim juga mengatakan acara donor darah merupakan kegiatan sosial yang strategis, karena masih banyak masyarakat diluar sana yang membutuhkan darah.

“Donor darah merupakan kegiatan sosial yang sangat strategis dan diperlukan. Mengapa demikian? Karena darah tidak bisa dibuat, tidak bisa diambil dari mana-mana, hanya dari manusia,” jelas Dandim 0731.

Selain itu, donor darah adalah kegiatan yang sangat penting untuk menunjukkan jiwa patriot, kepedulian terhadap sesama dan untuk menumbuhkan sikap ikhlas terhadap sesama. Kita bisa menjadi lebih sehat dan kegiatan ini diperlukan jiwa-jiwa patriot, diperlukan kerelaan, keikhlasan, ketulusan, peduli terhadap sesama manusia. Untuk itu dapat kita sebut pendonor darah adalah pahlawan kemanusiaan, tambah Dandim.

Donor darah dalam rangka HUT TNI dan Kodam Tahun 2018 ini diikuti oleh Anggota Kodim 0731/Kulon Progo, Anggota Persit KCK Cabang XXXII Koorcab Rem 072/Pmk PD IV/Dip. Turut serta mendonorkan darahnya, Anggota dari Satuan Radar 215 Congot berjumlah 10 orang beserta IKKT Ranting 005 berjumlah 5 orang. Polres Kulon Progo berjumlah 20 orang dengan Anggota Bhayangkari berjumlah 12 orang dari Ranting dan Pengurus se-Cabang Kulob Progo, Satpol PP Kulon Progo, Ormas Hipakad Cabang Kulon Progo, Ormas FKPPI, GP Ansor dan Masyarakat.

Baca Juga :  Puluhan Warakawuri di Brebes Mulai Terima Tali Asih Pangdam Diponegoro

Dari 245 orang pendonor yang terdaftar, setelah dilakukan cek tensi dan HB, sejumlah 130 orang dapat diambil darahnya untuk didonorkan. Selanjutnya kantong-kantong darah tersebut diserahkan oleh Letkol Inf Dodit Susanto, A. Md., (Dandim 0731) kepada Petugas PMI Kulon Progo, untuk disalurkan kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Kegiatan Bhakti Sosial Donor Darah Kodim 0731/Kulon Progo, dalam rangka HUT TNI ke-73 dan HUT Kodam IV/Diponegoro Ke-68. (NSR/bang natsir).