Brigif PR 3 Kostrad Siapkan Fisik dan Mental Prajuritnya Hadapi Latihan Pembentukkan Raider

TNI AD

PK,.Jakarta. Di masa tatanan kehidupan baru ini tidak menyurutkan 236 orang prajurit Brigif Para Raider 3 Kostrad dalam mengikuti tahapan seleksi kesegaran jasmani (Garjas) dalam rangka menghadapi latihan pembentukan (Lattuk) Raider yang dilaksanakan di Pusat Pendidikan Infanteri Cipatat, Senin (06/07/2020).

Kesegaran Jasmani tersebut dilaksanakan guna mengetahui dan mempersiapkan fisik para prajurit Brigif Para Raider 3/3 Kostrad menghadapi Lattuk Raider yang butuh mental fisik yang prima. Materi yang dilaksanakan diantaranya adalah garjas A dan B, Garjas A, berupa lari selama 12 menit , Garjas B meliputi Pull Up sebanyak-banyaknya selama 1 menit, Sit Up selama 1 menit, Push Up selama 1 menit, Lunges dan Shuttle Run (lari angka delapan) juga dilaksanakan ketangkasan (renang militer dengan perlengkap senjata dan helm) dengan tetap menjalankan protokol Covid-19, jaga jarak dan lain sebagainya.

Pelaksanaan garjas A dan B dilaksanakan di lapangan Okatangbilang, sedangkan untuk tes renang ketangkasan dilaksanakan di kolam renang Tirta Yudha milik Brigif Para Raider 3/3 Kostrad dilaksanakan selama dua hari.

Para personel terlihat sangat bersemangat melaksanakan serangkaian tes dalam rangka tahapan menghadapi Lattuk Raider yang nantinya latihan pembentukan latihan raider ini akan dilaksanakan oleh seluruh prajurit Brigif Para Raider 3/3 Kostrad yang belum berkualifikasi Raider selama kurang lebih 3 bulan.

Dalam kesempatan tersebut, Danbrigif Para Raider 3/3 Kostrad Letnan Kolonel Inf Fadli Mulyono disela-sela meninjau kegiatan tersebut mengatakan jika persiapan yang matang betul-betul harus disiapkan sebelum mengikuti pendidikan, dengan tujuan dan harapan agar para prajurit Brigif Para Raider 3/3 Kostrad selama mengikuti pendidikan pembentukan Raider di lembanga pendidikan Pusdikif Cipatat, Jawa Barat, mampu menjalaninya hingga selesai dalam keadaan lancar dan aman,” ujarnya.

Baca Juga :  Danrem 071/Wk : Koperasi dikatakan sehat, apabila memenuhi tiga kriteria.

Kepala Seksi Operasi Brigif Para Raider 3 Kostrad Kapten Inf Al Komar dalam kesempatan tersebut menambahkan, dari total 236 orang peserta seleksi terdiri dari Perwira Bintara dan Tamtama dari Denma Brigif Para Raider 3 Kostrad sebanyak 18 orang, Yonif Para Raider 431 Kostrad 68 orang, Yonif Para Raider 432 Kostrad 82 orang dan Yonif Para Raider 433 Kostrad 68 orang,” terang Kapten Inf Alkomar.

Tahapan seleksi Garjas ini, para calon peserta Lattuk Raider ini bersaing ketat dengan peserta lainnya dirangkaikan tes selanjutnya berupa tes kesehatan lengkap. Hal ini dilakukan agar mengetahui kesiapan fisik dan mental dalam menghadapi pendidikan yang tidaklah mudah karena membutuhkan kebugaran fisik yang prima. (Penkostrad).

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of