Dandim 0731 Kulon Progo Berikan Motivasi Dan Semangat Kepada Calon Prajurit.

TNI AD

Yogya Barat. Komandan Kodim 0731/Kulon Progo, Letnan Kolonel Inf Dodit Susanto, usai melaksanakan olah raga, Selasa (31/07/18) langsung bergabung dengan 22 pemuda dan pemudi Kulon Progo yang tengah bersiap-siap untuk melaksanakan latihan mental dan fisik menuju pendaftaran calon Prajurit TNI yang diselenggarakan oleh Kodim 0731/Kulon Progo.

Dalam kesempatan itu Dandim menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan upaya meraih cita-cita menjadi Prajurit TNI. Bahwa untuk menjadi Prajurit TNI tidak pernah dipungut biaya sedikitpun, namun wajib melalui berbagai test dan lolos berbagai syarat.
“Yang pertama adalah test kesamaptaan jasmani, yang meliputi lari selama 12 menit, Push Up, Sit Up, Pull Up, Shutle Run (lari angka 8) dan renang gaya dada sejauh 50 M. Hal ini dilakukan karena salah satu modal utama menjadi Prajurit TNI adalah memiliki fisik yang prima.
Berikutnya adalah test kesehatan yang meliputi pemeriksaan postur, tinggi dan berat badan yang harus ideal sampai dengan pemeriksaan penyakit dalam. Seorang calon Prajurit TNI harus jauh dari penyakit” jelas Dandim 0731.

Selain 2 tes tadi, Masih adalagi berupa test akademik yang menguji kemampuan kita dalam penguasaan pelajaran waktu disekolah dan test Mental Idiologi yang menguji sampai dimana pengetahuan kita terhadap Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
Dandim juga menyampaikan agar para calon Prajurit berlatih penjumlahan angka dengan cepat agar lebih tenang dan sabar dalam menghadapi ujian test psikologi. Yang pasti semuanya harus dilatih dan dibiasakan terutama kesegaran jasmani, tanpa latihan tidak akan mungkin dapat mencapai nilai maksimal. (NSR/bang natsir)