Dandim 0824 Pantau Pengamanan Tempat Ibadah di Kabupaten Jember

Daerah

Jember.   Kesempatan libur dinas hari Sabtu dan Minggu Bagi Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar  dimanfaatkan untuk memantau langsung pelaksanaan pengamanan di sejumlah tempat ibadah di Kabupaten Jember.

Seperti yang dilakukan pada Minggu 27/05/2018 saat kami wawancarai pada pukul 12.00 Wib Letkol Inf Arif Munawar melaksanakan pemantauan langsung dibeberapa gereja di Kabupaten Jember diantaranya Gereja Eklesia Jl PB Sudirman Jember, Gereja Kristen Indonesia Jl Sentot Prawirodirjo Jember, Gereja Kristus Tuhan Jl. Trunojoyo VIII/73  Jember, GKJW ( Gereja Katolik Jawi Wetan) Sumberpakem Ds. Ajung Kalisat, Gereja GPDI Alfa Omega Ds Kasian Kec Puger, serta tempat ibadah termasuk Masjid dan Pure yang ada di Kabupaten Jember.

Secara keseluruhan baik secara langsung maupun tidak langsung dilakukan pemantauan secara intensif, secara langsung dengan melaksanakan patroli dan secara tidak langsung dengan memantau laporan dari Danramil Jajarannya terkait pengamanan peribadatan yang dilakukan dimasing-masing tempat ibadah diseluruh pelosok Jember.

Dalam wawancaranya selaku Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar menyatakan bahwa sejak awal menjabat saya sudah memerintahkan kepada anggota jajarannya untuk selalu waspada, dalam arti bahwa hal-hal yang tidak kita inginkan itu datangnya pasti seketika kita kurang waspada, untuk itu dengan kewaspadaan kita diharapkan kejadian-kejadian tersebut tidak akan terjadi disekitar kita.

Terutama setelah terjadinya aksi teror beberapa waktu yang lalu yang lalu di Surabaya dan kota-kota lain di Indonesia tentunya hal tersebut menjadikan kita semakin sadar dan waspada untuk meningkatkan kewaspadaan kita, untuk itu saya telah perintahkan seluruh jajaran untuk memantau langsung maupun tidak langsung terhadap keamanan tempat-tempat ibadan umat beragama di Kabupaten Jember.

Dan dalam pelaksanaannya jajaran telah saya instruksikan untuk selalu berkoordinasi dengan rekan Polsek, instansi terkait sebagai upaya untuk benar-benar memberikan rasa aman bagi masyarakat terutama yang menjalankan ibadahnya. Tegas Letkol Inf Arif Munawar.

Bahkan saya telah memantau secara langsung dibeberapa gereja dan pengamanannya sudah dilaksanakan ada personel TNI-Polri dan masyarakat, ini harus selalu kita terapkan. Kata Letkol Inf Arif Munawar.

Lebih lanjut Letkol inf Arif Munawar menyampaikan bahwa Patroli bersama serta pengamanan saat ibadah baik umat Muslim, Kristen, Hindu harus kita tingkatkan, apalagi saat ini memasuki bulan suci Ramadhan 1439 H, kerawanan keamanan biasanya terjadinya pencurian didesa-desa dan lain-lain, ini juga menjadi perhatian kita semua, sehingga dengan seringnya kita berpatroli bersama kerawanan-kerawanan tersebut tentunya juga dapat kita tekan.

Pada kesempatan tersebut Letkol Inf Arif Munawar  kembali  mengajak masyarakat untuk berperan aktif  dengan selalu waspada, peka terhadap perkembangan situasi disekitarnya dan segera menginformasikan kepada 3 Pilar (Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Kepala Desa) apabila ada keganjilan yang mencurigakan desekitarnya, tingkatkan siskamling (sistem keamanan lingkungan) dan berlakukan tamu 1 X 24 Jam wajib lapor kepada RT/RW setempat.

Saya bersama Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo serta para tokoh agama beberapa kali bertemu dan sama-sama bersepakat untuk mewujudkan terjaganya kondusifitas Kabupaten Jember, tentunya bersama-sama masyarakat kita akan selalu menjaga agar Jember selalu Kondusif. Tegas Letkol Inf Arif Munawar menutup wawancaranya. (Sis24)